Sabtu, 28 Maret 2009

KOMUNITAS MULTIMEDIA SMK NEGERI 8 SEMARANG MENGUCAPKAN TURUT BERDUKA CITA ATAS MUSIBAH TSUNAMI DI SITU GINTUNG TANGERANG JAKARTA, MARI KITA DUKUNG PENGELOLAAN LINGKUNGAN YANG BAIK

Baca Lengkap Klik disini...

Jumat, 20 Maret 2009

INILAH USAHA MAKSIMAL BUAT LOMBA BLOG AKPRIND

Kali ini saya ingin bercerita tentang persiapan saya mengikuti kompetisi Blog IPTEKS 2009. Membuat content ternyata cukup menyita waktu dan tenaga, karena menurut saya membuat sebuah artikel membutuhkan mood yang bagus.
Dalam blog ini saya menyertakan materi pelajaran yang saya dapatkan selama belajar di SMK Negeri 8 Jurusan Multimedia, seperti : Corel Draw, Adobe Photoshop, Macromedia Flash, Macromedia Dreamweaver, 3ds Max, dll. Untuk mengejar deadline tak jarang saya harus ijin meninggalkan pelajaran.Kalau orang jawa bilang "eman-eman" sih, tetapi mau gimana lagi.
. Lalu usaha saya tidak berhenti sampai di akhir jam sekolah saja, malamnya saya masih harus menulis beberapa artikel atau tutorial untuk di posting esok hari. Dengan bermodalkan buku dan pulpen saya menulis artikel-artikel tersebut. Maklum, saya belum mempunyai komputer di rumah. Namun hal itu tak membuat saya patah arang. Kata orang tua saya, "Manfaatkanlah fasilitas yang ada di sekolah semaksimal mungkin". Keesokan paginya saya harus berangkat lebih awal pula untuk mem-posting artikel saya. Padahal hari itu semua siswa kelas X dan XI masuk siang karena ada kegiatan try out untuk kelas XII. Hmm...enak ya, bisa masuk siang...Teman-teman saya menanyakan alasan mengapa saya masuk siang. Tetapi biarpun saya berusaha untuk menjelaskan kepada mereka, tetap saja mereka menganggap saya terlalu rajin. Belum lagi guru-guru yang mengira saya anak kelas XII karena berangkat pagi. Huft, jadi kena omelan gara-gara dikira datang terlambat. Padahal kan saya kelas XI. Namun, untungnya saya tidak sendirian. Saya di temani dengan 3 teman saya (Erin,Riris,Santomi) dan guru saya (bapak Ardan Sirodjuddin) serta tak lupa laboran (mas Idris dan mas Aris) yang setia membukakan pintu laboratorium komputer. He..he..he..he...

Huft, persiapan ini sangat menyita waktu saya dengan teman-teman untuk bermain. Namun biar bagaimana pun saya harus menepis anggapan itu karena ini demi kebaikan. Setidaknya saya mendapat hikmah dari ini semua yaitu mendapat pengalaman dan pelajaran yang tak ternilai harganya.
Saya pun berdo'a agar saya bisa menjadi yang terbaik di antara yang terbaik dalam kompetisi ini. Saya juga memohon dukungan dari teman-teman, sahabat, kerabat, guru, saudara, orang tua, kakek-nenek.... Pokoknya semua orang yang ada di jagad raya ini deh...

Baca Lengkap Klik disini...

KISAHKU PART 2

Ternyata di sana ayahku sudah memiliki istri baru. Ya Allah… betapa hancurnya keluargaku kini… Tetapi aku tetap berusaha untuk tegar. Setelah mengantar adikku, selang beberapa bulan terdengar kabar bahwa ibuku akan menikah dengan laki - laki yang ku panggil ayah. Malam sebelum pernikahan, ibuku menjelaskan padaku bahwa ia akan menikah lagi. Beliau meminta restu dariku. Dengan air mata aku menjawab ” ya, aku merestui mama. Selama itu bisa membuat mama bahagia.” Keesokan harinya, pernikahanpun dilaksanakan. Mereka hanya menikah sirih karena Pengadilan Agama tidak memberi keputusan bahwa ayah dan ibuku telah bercerai. Ibuku memakai baju ungu dan jilbab ungu. Ibuku terlihat anggun mengenakan pakaian itu. Acara pernikahan berjalan lancar.
Selang beberapa bulan aku diberitahu bahwa ibuku tengah hamil 3 bulan. Aku tidak tahu harus bahagia atau sedih mendengarnya. Dan ternyata istri ayahku juga tengah hamil 6 bulan. Itu kabar terakhir yang aku dengar tentang ayah. Waktu berlalu, usia kandungan ibuku sudah 8 bulan. Dan pada hari Senin, 26 Mei 2003 ibuku merasa ingin melahirkan. Aneh, padahal baru 8 bulan tapi sudah ada tanda - tanda ingin melahirkan. Ibuku dilarikan ke Bidan setempat. Setelah diperiksa ternyata ibuku harus dirujuk ke rumah sakit. Ya, rumah sakit Panti Wilasa Citarum. Ayah tiriku langsung membawa ibuku ke sana. Kami menunggu selama berjam - jam. Akhirnya kami mendapat laporan bahwa air ketuban ibuku pecah tetapi tidak keluar melainkan masuk ke paru - paru hingga mengakibatkan bayinya tak dapat diselamatkan. Dokter berencana untuk mengambil bayi itu karena khawatir akan berpengaruh pada kesehatan ibuku. Ayah tiriku menyetujuinya, tetapi ternyata ada sedikit kendala. Kondisi ibuku masih sangat lemah, hal ini tidak memungkinkan untuk melakukan operasi. Akhirnya dokter memutuskan untuk menunggu sampai kondisi ibu membaik. Aku hanya bisa menunggu di depan ruangan karena saat itu umurku baru 11tahun. Peraturan di sana adalah anak di bawah usia 12 tahun dilarang memasuki ruang perawatan. Tetapi tak apalah yang penting ibuku selamat.
Namun keyakinanku tak menjadi nyata. Pukul 22.00 WIB ibuku menghembuskan nafas terakhirnya. Bak disambar petir, perasaanku tak kuasa menerima kenyataan. Aku menangis sejadi - jadinya, aku merasa tak rela akan kepergian ibuku. Namun apa mau di kata. Jika Allah telah berkehendak, siapa yang mampu menghalangi-Nya.
Keesokan harinya, ibuku dimakamkan di TPU yang ada di daerah rumahku. Aku melihat wajah ibu untuk yang terakhir kalinya. Aku sempat tidak percaya bahwa beliau telah tiada. Beliau meninggal dalam keadaan tersenyum.

Tunggu kelanjutan dari riwayat hidupku…



Baca Lengkap Klik disini...

KISAHKU PART 1

Namaku Astriani, aku adalah salah seorang siswa SMK NEGERI 8 SEMARANG Program Keahlian MULTIMEDIA kelas XI Aku tinggal di Jl. Kaba Raya no.1 Rt 03 Rw XII Semarang. Aku memiliki seorang adik laki - laki bernama Ridwan Ahlal Maghsyar. Ibuku telah meninggal 5 tahun yang lalu karena melahirkan adik tiriku. Perjalanan hidup keluargaku teramat rumit. Sulit untuk diceritakan, tetapi aku akan coba untuk menceritakan sedikit tentang riwayat keluargaku.

Sebelum kami tinggal di Semarang, kami tinggal di Jakarta tepatnya di daerah Pulogadung. Di sana kami hidup bahagia. Ayahku seorang dosen di salah satu kampus swasta dan ibuku membuka usaha agen majalah di rumah. Namun karena ada masalah keluarga, ibuku memutuskan untuk pindah ke Semarang. Tetapi ayahku tidak mau ikut karena alasan pekerjaan. Akhirnya hanya aku, ibuku dan adikku yang pindah ke Semarang.
Setahun berlalu, selama itu ayahku selalu pulang ke Semarang sebulan sekali. Setiap kali ayahku pulang, pasti aku dan adikku mendapat oleh - oleh. Selama itu kami hidup bahagia. Namun selang satu tahun, mulai timbul masalah - masalah yang aku sendiri tidak tahu sampai saat ini. Kemudian masalah itu semakin membesar dan akhirnya mengakibatkan ‘ Perceraian ‘‘. Ayah dan Ibuku pun berpisah. Awalnya aku tak percaya bahwa hal ini terjadi pada keluargaku. Tetapi saat aku menyaksikan sendiri Ayah dan Ibuku bercerai di Pengadilan Agama, aku tak dapat memungkiri hal itu. Sungguh hal yang sangat menyakitkan. Lalu aku dengar ayah dan ibuku sudah memiliki pengganti masing - masing, aku semakin terpukul. Dalam hati aku selalu bertanya, apa maksud dari semua ini ? Aku ingin bertanya pada ibuku, tapi aku takut. Toh nantinya ibuku pasti akan bilang ” Kamu itu masih kecil, ga’ tau apa - apa.” Selang beberapa bulan, aku melihat laki - laki setengah baya main ke rumahku. Aku bertanya pada ibuku, siapa orang itu ? Dan ibuku menjawab bahwa ia adalah teman ibu. Awalnya aku percaya tapi lama - kelamaan aku ragu akan hal itu. Hampir setiap hari laki - laki itu main ke rumah. Dia baik sekali padaku, dia sering memberiku uang. Dan keraguanku terjawab, ternyata dia adalah pacar ibuku. Luka yang lama saja belum sembuh, kini tambah lagi luka yang baru. Ibuku menyuruh aku dan adikku memanggilnya “Papa”. Tetapi adikku tidak mau karena ia merasa laki - laki itu bukan papanya. Aku terpaksa memanggilnya papa karena aku sudah tidak tahu lagi harus bagaimana. Di satu sisi aku tidak suka padanya tapi di sisi lain aku kasihan melihat ibuku yang berusaha keras menyekolahkanku. Aku pun merestui hubungan mereka karena aku pikir yang penting ibuku bahagia. Adikku yang bersikeras untuk tidak memanggilnya ” papa “ akhirnya memutuskan untuk ikut ayahku di Jakarta. Aku serta ibuku mengantarkannya ke Jakarta. Ikuti lanjutannya .....

Baca Lengkap Klik disini...

BUNDARAN AIR MANCUR

Berjalan sebentar dari kawasan taman KB, kita bisa melihat Bundaran air mancur yang terletak di tengah perempatan jalan Pahlawan. Daerah sekitar merupakan jalan protokol di Kota Semarang. Di kawasan Bundaran air mancur ini dilengkapi dengan televisi raksasa yang sengaja dipasang untuk nonton siaran Liga sepak bola pada malam hari.
Silahkan menikmati hasil jepretan kameraku :



Baca Lengkap Klik disini...

SEJUKNYA TAMAN KB KOTA SEMARANG

Berjalan di taman KB kota Semarang ibarat menyusuri hutan yang sejuk, sangat kontra dengan lingkungan sekitar yang panas.
Angin semilir menerpa wajah saya dan teman-teman. Sembari membidik beberapa objek, kami duduk-duduk di bangku yang tersedia.
Menikmati ketenangan yang disuguhkan oleh taman ini. Semoga taman ini akan tetap asri sebagai paru-paru Kota Semarang.
Saya ingin berbagi kesejukan taman KB melalui foto ini :



Baca Lengkap Klik disini...

Kamis, 19 Maret 2009

PENGERTIAN NARKOBA


Narkoba adalah singkatan dari NARkotika psiKOtropika dan BAhan adiktif lainnya. Setelah kita mengerti kepanjangan dari Narkoba, sekarang mari kita pelajari tentang pengertian-pengertiannya.
NArkotika adalah zat atau obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman baik sintetis maupun semi sintetis yang dapat mengakibatkan penurunan kesadaran atau perubahan kesadaran, hilangnya rasa, mengurangi sampai menghilangkan rasa nyeri dan dapat menimbulkan ketergantungan.
Contohnya : Heroin/putau, ganja, morfin.

sumber gambar : www.propervillain666.blogspot.com

Psikotropika adalah zat atau obat baik alamiah maupun sintetis bukan narkoba yang bersifat psikoaktif melalui pengaruh selektif pada susunan saraf pusat yang menyebabkan perubahan khas pada aktivitas mental dan perilaku.
Contohnya : ecstasy, shabu-shabu, pil koplo, nipam, valium, dll.

sumber gambar : www.blog.wired.com


Bahan adiktif lainnya adalah bahan lain yang bukan narkotika atau psikotropika yang penggunaannya dapat menimbulkan ketergantungan.
Contohnya : minuman beralkohol, zat yang mudah menguap ( lem aica aibon, thinner, bensin, spiritus )


sumber gambar : www.bnn.go.id Baca Lengkap Klik disini...

FAKTOR PENDUKUNG PENYALAHGUNAAN NARKOBA

Alcohol&Drugs Myspace Comments

MyNiceSpace.com

Terdapat 3 faktor pendukung penyalahgunaan NARKOBA, yaitu :

  1. faktor individu
  2. faktor lingkungan / sosial
  3. faktor ketersediaan

Mari kita bahas satu persatu tentang faktor-faktor tersebut.

FAKTOR INDIVIDU

  1. Aspek pengetahuan, sikap dan kepercayaan
    Seseorang tidak akan menyalahgunakan Narkoba jika dia tahu apa itu Narkoba dan akibat bila mengonsumsinya. Tak dapat dipungkiri, di masa remaja seseorang memiliki rasa ingin tahu yang besar. Jadi untuk para orang tua atau teman yang baik, ga’ ada salahnya kita menjelaskan atau berbagi informasi tentang Narkoba / pergaulan bebas.
  2. Ketrampilan berkomunikasi menolak tekanan teman sebaya
    Jadi kita harus bisa menolak ajakan teman yang aneh-aneh. Tetapi jangan sampai kata-kata itu menyakitkan perasaan teman kita, kalau bisa kita menasehati dia agar tidak melakukan hal yang konyol seperti itu. Dan yang terpenting jangan jauhi dia… karena orang seperti itu wajib diperhatikan, bukan untuk dimusuhi.
  3. Faktor genetik

FAKTOR LINGKUNGAN

  1. Bersekolah di lingkungan yang rawan penggunaan obat-obat terlarang
  2. Bergaul dengan pengedar atau pemakai
  3. Kurang kontrol sosial
  4. Keluarga tidak harmonis
  5. dll

FAKTOR KETERSEDIAAN

  1. Barang mudah didapat
  2. Peredaran gelap narkoba yang semakin marak
  3. Bisnis Narkoba menjanjikan uang yang berlimpah
  4. Indonesia sebagai produsen Narkoba
  5. Penegakan hukum yang belum tegas dan konsisten


Baca Lengkap Klik disini...

PERBEDAAN TANDA AWAL KEMATANGAN SEKSUAL ANTARA COWOK & CEWEK

Saat anak-anak beranjak remaja, terdapat tanda-tanda awal dimana tanda-tanda tersebut pastinya berbeda antara laki-laki dan perempuan.
Remaja laki-laki dapat dikatakan sudah bisa melakukan fungsi reproduksinya bila telah mengalami mimpi basah (ejakulasi awal/pertama)

Apa itu mimpi basah ?

Mimpi basah yaitu peristiwa ejakulasi (pengeluaran cairan kental yang disebut air mani) pada saat tidur. Air mani mengandung sel mani (sperma). Mimpi basah bisa disebabkan oleh impian erotis (merangsang) tetapi tidak semuanya disertai mimpi basah dan mimpi pada setiap remaja laki-laki tidak selalu sama. Biasanya remaja laki-laki akan mengalami mimpi basah pada usia antara 10-15 tahun. Pada saat itu, buah zakar mulai menghasilkan sperma dan jika sperma telah memenuhi buah zakar maka akan keluar ketika tidur.

Kemudian remaja perempuan dikatakan sudah dapat melakukan fungsi reproduksinya bila telah mengalami menstruasi/haid/datang bulan/menarche(menstruasi pertama).
Apa itu menstruasi ?

Menstruasi (haid) adalah peristiwa keluarnya cairan darah dari vagina perempuan berupa luruhnya lapisan dinding dalam rahim yang banyak mengandung pembuluh darah. Setiap bulan berlangsung antara 3-7 hari. Hal ini terjadi secara tidak teratur setiap bulan atau dapat disebut siklus menstruasi/haid yang jaraknya dari haid satu dengan haid bulan berikutnya tidak sama. Perempuan biasanya mulai mengalami haid di usia 10-14 tahun. Menstruasi pertama juga merupakan tanda bagi perempuan bahwa dirinya telah memiliki kemampuan untuk hamil jika melakukan hubungan seksual. Sebaiknya setiap bulan remaja perempuan membiasakan diri untuk mencatat tanggal mulainya menstruasi untuk memudahkan mengetahui panjang siklus haidnya. Dengan demikian dapat diperkirakan waktu menstruasi berikutnya.
Tulisan ini dikutip dari buku KRR (Kesehatan Reproduksi Remaja) yang aku dapatkan saat aku mengikuti Pelatihan Konselor Sebaya di Dinas Kesehatan, Semarang.



Baca Lengkap Klik disini...

Rabu, 18 Maret 2009

# Sebuah Kisah Duka #

Kala manusia tengah terlena
Dalam kenikmatan dunia
Bumi ini menyerukan senandung lara
Senandung duka untuk mereka
yang tak berpunya …..
Ketika perasaan manusia telah
tertutup oleh ketamakan
Bumipun mulai berontak
Tak tahan dicampakkan begitu saja
Langit kelam menyelimuti
cerahnya hari
Petir yang menyambar
gambarkan bumi yang
mulai terbakar amarah
Ombak pun menyapu
Semua kesombongan
Semua pendusta
Hingga tak ada lagi
tawa kesombongan
tiada lagi harta yang mereka sombongkan
Yang tersisa hanya serpihan duka
Yang tersisa hanya tangisan hati
yang menyesali
Adakah sebuah harapan?
Hanya do’a, puji-pujian serta
perbuatan dari manusia
yang mampu tumbuhkan
harapan itu ….
Baca Lengkap Klik disini...

CORETANKU

Andai sang rembulan tau
betapa rindunya bintang padanya
ingin berada di dekatnya
dilindungi dan disinari cahayanya
namun sayang…
Aku bukan bintang yang beruntung
aku hanya bintang malang yang harus bersinar sendiri
tanpa seorang teman…

***


KISAH SEBUAH KELUARGA

Saat kami berjalan meraih masa depan…
Ada jarakdi antara kami
Mereka berada jauh di depanku
Jauh sekali…
Hingga tak dapatku susul mereka
Dan saat aku terhenti karena suatu masalah
Tak satupun dari mereka yang menoleh…
Berbalik arah dan menghampiriku
Lalu mereka mengatakan suatu kalimat yang dapat membuatku bangkit kembali

Namun kalimat itu mungkin takkan pernah terucap untukku
Sejak awal aku adalah bintang yang kesepian…
Selamanya akan kesepian
Aku harus bersinar sendiri, tanpa seorang pun yang mendukungku…

Inikah yang disebut ‘keluarga” ?
Jika ‘ya’ mengapa ini terasa sulit sekali ?
Namun jika’tidak’ Lalu bagaimanasosok keluarga yang nyata ?
Yang utuh tanpa semu…

Aku ingin berlari sendiri
Namun yang ku kejar hanyalah ketidakpastian
Impian…
adalah hal yang ku punya untuk meraih segalanya
Ambisi…
menjadi semangat utama

Tak jarang air mata menetes basahi asa
hingga membuatnya luntur
dan aku pun harus berusaha kembali membangunnya
dengan berjuta impian
dan kembali menyusunnya menjadi sebuah harapan

Perjalananku tiada habisnya
bahkan mungkin takkan ku temui jawaban dari segala tanya
Karena yang ku kejar adalah
‘SEBUAH KETIDAKPASTIAN’

Baca Lengkap Klik disini...

MY DIARY

Dear diary,
hari ini tak kuasa ku bendung air mataku. Seperti biasa, sang bulan berucap kasar padaku. Mungkin sejak awal keberadaanku tidak diinginkan. Sehingga sampai detik ini beliau membenciku. Aku ingin akhiri semua ini tapi aku tidak tau bagaimana caranya ? Aku ingin teriak sekeras mungkin agar mama mendengar jeritan hatiku ini…

Dear diary,

Hari ini aku seneng ngeliat temenku masuk 10 besar lomba writing competetion yang diadakan oleh tour telkom speedy. Tapi kalo aku inget saat aku benerin tulisan dia trus dia ngeyel ga jelas, ampe dia nglontarin kata - kata kasar…AKU JADI SUPER SEBEL…



Baca Lengkap Klik disini...

PENERIMAAN AMBALAN SMK 8

Dalam rangka penerimaan ambalan pangkalan SMK Negeri 8 Semarang mengadakan Kemah Bakti Pramuka di Perkemahan Tuk Mumbul Desa Batur Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang. Kemah bakti tersebut diisi dengan berbagai macam kegiatan permainan. Tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan keakraban warga sekolah dan memberikan suasana baru pada siswa.



Baca Lengkap Klik disini...

ASYIKNYA BELAJAR MULTIMEDIA DI SMK 8 SEMARANG

Pada postingan kali ini, saya akan bercerita tentang sekolahku, SMK Negeri 8 Semarang yang beralamat di Jalan Pandanaran II/12 Semarang. Terletak di jantung Kota Semarang tepatnya dekat dengan kawasan Simpang Lima yang menjadi trademark kotaku.
Saya mengambil Program Keahlian Multimedia, sebuah pilihan yang ternyata sangat tepat karena saya betul-betul menikmati belajar multimedia. sebagai contoh hari Selasa kemaren saya dengan teman-teman diajak Pak Ardan menyusuri Taman KB, Bundaran Air Mancur dan Kawasan Simpang Lima untuk hunting foto. Materi yang saya pelajari adalah pheripheral multimedia dalam hal ini kamera digital. Berbekal lima buah kamdig milik sekolah kami berburu foto yang bagus. Inilah hasilnya :


Baca Lengkap Klik disini...

SERUNYA MAULID NABI DI SMK Negeri 8 Semarang

Seperti pada tahun - tahun sebelumnya, SMK Negeri 8 Semarang ngadain acara buat memperingati maulid nabi. Seperti biasa, acara pembuka dimulai dengan bacaan basmalah lalu diikuti dengan sambutan - sambutan dari pihak Sekolah and gak lupa dari pihak penyelenggara yaitu OSIS SMK N 8 Semarang. Anak - anak band dari SMK N 8 Semarang juga gak mau kalah. Mereka tampil pol polan buat maulid nabi ini. Hmmm.... salut dech, buat anak - anak band SMK 8. Nah, setelah ada acara hiburan acara intinya diisi dengan ceramah tentang maulid nabi, mm... gak hanya sekedar ceramah biasa, Ustad Arifin sebagai penceramah bisa ngegabungin ceramah dengan cerita - cerita seru and lucu. Jadi gak boring lagi kan....!! Di maulid nabi yang diadain tanggal 14 Maret 2009 ini ada yang beda lagi lho..!! Selain adanya penampilan dari band - band sekolah and so pasti ada penceramah seru yang bisa ngebuat anak - anak SMK N 8 Semarang enjoy ngenikmatin ceramah yang gookkil abis. Ekskul bahasa inggris juga ikut unjuk gigi lho..!!!!! mereka nampilin report yang sedang anget - angetnya yaitu report tentang Ponari, nggak hanya sekedar berita dalam bahasa inggris, tapi juga ada reka adegan yang bikin anak - anak jadi terpingkal ada juga iklan and report lainnya yang datang dari SMK N 8 Semarang.
Pingin tahu serunya lihat ini :


Baca Lengkap Klik disini...

Senin, 16 Maret 2009

Pendaftaran Mahasiswa Baru ISTA

Pendaftaran mahasiswa Baru Tahun Ajaran 2008/2009

JALUR PENDAFTARAN
- Calon Mahasiswa Baru Berprestasi (CaMaBaPres), bebas tes masuk jika :
  1. Pada raport kelas II semester I atau semester II dan/atau kelas III semester I memenuhi salah satu syarat berikut :
    a. Mempunyai rangking 1-15, atau
    b. Mempunyai nilai rata-rata => 6.5, atau
    c. Memiliki nilai Matematika => 6.5, atau
  2. Memiliki prestasi olah raga atau seni, atau kegiatan ilmiah sekurang-kurangnya Juara III di tingkat Kabupaten dibuktikan dengan piagam atau sertifikat
- Reguler
Calon Mahasiswa Baru mendaftar secara online atau langsung ke tempat pendaftaran di kampus IST AKPRIND sesuai jadwal gelombang I, II, dan III.

- One Day Service
Proses pendaftaran dan test seleksi di lakukan dalam waktu 1 hari menggunakan Computer Base Test

- Test Kolektif
Test kolektif adalah test masuk calon mahasiswa baru yang diselenggarakan secara kolektif diluar gelombang I, II, dan III.

- Alih Jalur
Alih jalur berlaku bagi mahasiswa lulusan D3 baik yang sudah atau belum bekerja untuk melanjutkan pendidikan ke S1

- Pindahan
Minimal telah menempuh studi selama 2 semester berturut-turut pada program studi asal dan melengkapi persyaratan surat rekomendasi dari pimpinan PTN/PTS asal.

- Kelas Malam
IST AKPRIND membuka kesempatan bagi calon mahasiswa baru yang telah bekerja untuk dapat mengikuti perkuliahan di malam hari.

SYARAT PENDAFTARAN
  1. Photocopy raport yang telah disyahkan oleh Kepala Sekolah
  2. Membayar biaya pendaftaran
  3. Mengisi Formulir Pendaftaran yang telah disediakan
  4. Menyerahkan pas photo hitam putih ukuran 3x4 sebanyak 4 lembar
  5. Membayar uang pendaftaran secara langsung ditempat pendaftaran atau mentransfer ke bank :
    - Bukopin No. Rek: 1001063.04.5
    - BNI No. Rek: 0030436086
    - BRI No. Rek: 0029.01.000258.30.0
    - Danamon No. Rek: 0001000744
    - Mandiri No. Rek: 137-0085000293
    - BCA No. Rek: 0373813963
  6. Bagi pendaftar secara online, syarat diatas dapat diserahkan pada saat menempuh test masuk atau her-registrasi.
WAKTU PENDAFTARAN

- Untuk Jalur: Camabapres, Test Kolektif, Alih Jalur, Pindahan, dan Kelas Malam waktu pendaftaran 31 Januari 2009 mengikuti SEMESTER GENAP UNTUK SEMESTER GANJIL 2009/2010

GELOMBANG I 4 Mei - 13 Juni 2009
GELOMBANG II 15 Juni - 18 Juli 2009
GELOMBANG III 20 Juli - 22 Agustus 2009
Info lengkap klik disini

Baca Lengkap Klik disini...

UPAYA MENDINGINKAN BUMI KITA

Tiga jam terakhir pelajaran hari ini saya ngendon di laboratorium computer. Walaupun dengan dua AC yang terpasang, udara masih terasa panas apalagi di luar ruangan panas udara sangat menyengat. Hal ini kata guru saya disebabkan karena naiknya suhu bumi secara global atau lebih dikenal dengan istilah pemanasan global (global warming). Pemanasan global adalah adanya proses peningkatan suhu rata-rata atmosfer, laut, dan daratan Bumi. Suhu rata-rata global pada permukaan Bumi telah meningkat 0.74 ± 0.18 °C (1.33 ± 0.32 °F) selama seratus tahun terakhir. Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC) menyimpulkan bahwa, “sebagian besar peningkatan suhu rata-rata global sejak pertengahan abad ke-20 kemungkinan besar disebabkan oleh meningkatnya konsentrasi gas-gas rumah kaca akibat aktivitas manusia melalui efek rumah kaca. (www.wikipedia.org).
Sohib Muda, cara ngatasi suhu bumi yang panas dapat kita lakukan dengan cara :
  1. Mengurangi penggunaan kendaraan pribadi.
    Mengurangi penggunaan kendaraan pribadi sangatlah sulit, apalagi di kota-kota besar. Hal ini dikarenakan banyak faktor yang mempengaruhi gaya hidup masyarakat. Perasaan gengsi, ingin lebih nyaman, tidak adanya kendaraan umum yang memadai dll, merupakan faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan kendaraan pribadi. Namun jika harus mengendarai kendaraan pribadi pastikan bahwa kendaraan tersebut harus hemat BBM dan BBM tersebut hendaknya yang ramah lingkungan. Selain itu kurangi penggunaan kendaraan pribadi untuk jarak dekat. Alternatif kendaraan untuk jarak dekat diantaranya adalah jalan kaki atau bersepeda.
  2. Gunakan transportasi umum.
    Tidak mudah untuk menggunakan transportasi umum kecuali bagi yang terbiasa. Penggunaan transportasi umum sangat membantu untuk mengurangi gas emisi rumah kaca. Namun demikian perawatan kendaraan umum juga sangat besar pengaruhnya. Karena itu perlu diusulkan kepada pemerintah untuk memperbaiki sistem transportasi umum sehingga menjadi lebih baik.
  3. Menghentikan penebangan hutan.
    Penebangan hutan hingga saat ini masih menjadi isu yang menarik perhatian. Rata-rata setiap hari lebih negara dirugikan lebih dari 1 milyar rupiah setiap harinya akibat penebangan hutan yang liar (illegal loging). Padahal hutan sangat bermanfaat untuk menyerap CO2. Karena itu perlu didukung penanaman jenis-jenis tanaman yang mampu menyerap karbon.
  4. Mencegah kebakaran hutan.
    Kebakaran hutan yang disebabkan oleh kegiatan manusia sangat besar dampaknya. Hal ini dikarenakan kebutuhan untuk mendapatkan lahan yang lebih luas. Akibat dari kebakaran hutan maka luasan daerah yang mampu menyerap karbon akan berkurang. Dampak yang lebih parah adalah semakin meluasnya wilayah-wilayah yang potensial menjadi daerah gurun.
  5. Mengurangi sampah rumah tangga dan industri.
    Tindakan ini memang tidak mudah dilakukan. Sosialisasi mengenai program ini sudah berlangsung puluhan tahun namun nampaknya masih jauh dari harapan. Sampah yang semakin banyak dan tidak didaur ulang akan dikirim ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) dimana TPA memiliki banyak kandungan methan yang tinggi.
  6. Lakukan hemat energi.
    Melakukan hemat energi misalnya dengan mengurangi penggunaan lampu yang tidak diperlukan, pemakaian televisi yang terus menerus agak dikurangi dll. Hemat energi akan juga menghemat penggunaan batubara di PLTU.

    Demikian sohib muda, mudah-mudahan bermanfaat.


Baca Lengkap Klik disini...

Selasa, 10 Maret 2009

BERORGANISASI DAN KESUKSESAN, APA HUBUNGANNYA ?

Terkadang kita berpikir bahwa berorganisasi hanya menghabiskan waktu. Namun kalau kita lihat dari sisi positifnya, bayangkan berapa banyak ilmu yang kita dapatkan dari berorganisasi ?

Dengan berorganisasi kita bisa mengukur seberapa jauh kita bisa berkomunikasi dengan orang lain sekaligus melatih kita untuk berkomunikasi lebih baik lagi satu sama lain. Selain itu kita juga bisa berlatih untuk me-manage diri. Kita juga bisa menambah relasi dengan berorganisasi. Dengan banyak relasi maka wawasanpun bertambah dan masih banyak lagi yang kita dapatkan dari berorganisasi.

Lalu apa hubungannya berorganisasi dan kesuksesan ?

Menurutku itu sangat berkaitan. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya. Ingat !!! Keuntungan yang kita dapatkan dari berorganisasi itu banyak sekali. Nah, keuntungan itulah yang nantinya dapat kita manfaatkan untuk meraih kesuksesan. Dengan kita pandai berkomunikasi, maka kita dapat memperoleh banyak relasi dan dari situlah kita mendapat peluang entah itu peluang kerja, berbisnis, dan lain-lain.

Maka dari itu, jangan sia-siakan masa mudamu hanya untuk berfoya-foya. Mending kita ikut suatu organisasi. Bisa dapet ilmu, teman, peluang kesuksesan pula. Nah, aku sudahi dulu tulisanku ini yaw…
Jangan lupa, aku tunggu kritik dan sarannya yaw…
Bye - bye…

(Penulis : Astriani, Wakil Ketua OSIS SMK Negeri 8 Semarang dan Ketua Komunitas Multimedia SMK Negeri 8 Semarang).

Baca Lengkap Klik disini...

FENOMENA PENDIDIKAN DI NEGERIKU

Kenapa sih banyak orang mengangap bahwa pendidikan itu mahal ? Dari pengalamanku, aku merasa bahwa sebenarnya pendidikan itu tidak mahal. Karena menuju dunia pendidikan itu tidak mahal dan sulit. Tetapi kita sendiri yang membuatnya heboh. Jika kita memang tidak mampu untuk bersekolah, kita bisa mencari sekolah gratis seperti di Jambi. Di sana terdapat sekolah gratis untuk anak - anak yang tak mampu untuk sekolah. Dan masih banyak lagi sekolah gratis yang ada di Indonesia. Atau kita bisa pergi ke perpustakaan, di sana kita bisa mendapatkan berjuta - juta ilmu. Ya, setidaknya kita memiliki ilmu sehingga kita tidak merasa bodoh.

Dan untuk anak - anak yang diberi kesempatan untuk bersekolah, manfaatkan kesempatan itu sebaik mungkin karena kalian harus ingat bahwa tidak semua anak seberuntung kalian. Aku juga menyayangkan kenapa perusahaan hanya menerima pekerja yang memiliki pengalaman kerja ? Lalu bagaimana dengan para sarjana yang baru menyelesaikan pendidikannya ? Pastinya mereka belum memiliki pengalaman yang memadai dan akhirnya jadi pengangguran juga. Hal ini cukup berpengaruh pada pemuda - pemudi sekarang ini. Mereka berpikir bahwa apa gunanya menuntut ilmu setinggi mungkin kalau buntut - buntutnya jadi pengangguran. Tak dapat dipungkiri bahwa sebagian besar pemuda - pemuda Indonesia memiliki satu tujuan yang sama yaitu bekerja. Sehingga mereka tidak begitu mementingkan pendidikan. Bahkan ada salah satu dari mereka yang memalsu ijasah demi kelancaran mereka dalam mencari kerja. Sungguh mengenaskan dan ini membuktikan bahwa ijasahlah yang berkuasa. Padahal ijasah tanpa ketrampilan, keuletan dan kedisiplinan serta kejujuran juga tidak berguna. Andai Indonesia bisa memanfaatkan rakyatnya yang memiliki ketrampilan. Pasti Indonesia tidak akan terpuruk seperti ini. Nah, ini bisa jadi PR buat para pemuda Indonesia agar negara kita benar - benar MERDEKA !!!

(Penulis : Astriani)



Baca Lengkap Klik disini...

JADI ANAK BROKEN HOME TIDAK HARUS BRUTAL

Sebagian orang menganggap bahwa anak broken home itu brutal atau tidak tahu aturan. Padahal tidak semua anak broken home itu brutal. Ada sebagian dari mereka yang seperti itu tetapi jika diteliti lebih jauh lagi, kita akan menemui penyebab - penyebabnya. Sebenarnya mereka sama seperti anak - anak pada umumnya, hanya saja karena keadaan orang tua mereka yang bercerai berai hingga si Anak merasa kurang diperhatikan serta kasih sayang. Maka dari itu mereka berusaha untuk mendapatkan perhatian dari orang lain. Tetapi sayang, sebagian dari mereka melakukan cara yang salah misalnya : mencari perhatian guru dengan bertindak brutal di dalam kelas, bertindak aneh agar mendapat perhatian orang lain, dll.

Kalau sudah brutal otomatis bisa salah pergaulan. Lalu mereka mulai melirik yang namanya Rokok. Awalnya hanya sekali hisap, lama - lama jadi berkali-kali. Kemudian setelah merokok, mereka mulai mencoba yang namanya NARKOBA. Waduw, sudah semakin kacau aja nih

Pertama hanya sedikit, lama-kelamaan dosisnya semakin bertambah. Belum lagi ditambah minuman keras. Kalau sudah seperti itu, siapa yang patut disalahkan ? Orang tua tidak dapat disalahkan sepenuhnya tapi anak juga tidak dapat disalahkan 100%. Kesalahan orang tua adalah mereka terlalu sibuk dengan masalah mereka hingga mereka lupa bahwa mereka memiliki anak yang wajib diperhatikan. Lalu kadang mereka juga menganggap bahwa anak tidak perlu tahu masalah mereka. Padahal setidaknya mereka harus menjelaskan tentang masalah mereka ke anak agar tidak terjadi kesalahpahaman. Lalu untuk si Anak, mari kita berpikir yang logis dan tidak nyleneh.

Kadang kita berpikir bahwa kita ini penyebab perceraian orang tua kita. Tetapi ada banyak hal yang tidak kita ketahui tentang permasalahan orang dewasa. Kenapa kita tidak berpikir untuk menyatukan mereka dengan cara yang menyenangkan. Namun jika kita telah mencoba untuk menyatukan mereka tapi tidak berhasil, apa yang bisa kita lakukan ? Kadang orang tua memutuskan untuk cerai karena sudah merasa tidak cocok lagi, lalu mereka menemukan orang yang lebih mengerti mereka dan mereka memutuskan untuk hidup bersama. Kita sebagai anak hanya bisa memahami mereka. Asalkan mereka masih saling berkomunikasi dengan baik, pasti ke depannya akan baik-baik saja. Mungkin kita merasa belum siap menerima kenyataan, tetapi itu bukan berarti kita harus selamanya terpuruk dalam masalah itu, kan. Kita bisa mencari hal - hal positif yang dapat membangun semangat kita kembali. Seperti mengikuti ekskul yang ada di sekolah, mengembangkan hobi dan bakat kita, dan masih banyak lagi hal yang dapat dilakukan.
Ingat satu hal bahwa semuanya tidak akan berakhir hanya karena perceraian. Aku juga anak broken home, tapi dengan keyakinan bahwa aku bisa bangkit. Akhirnya akupun bangkit dengan kemampuanku sendiri…
EmM…kayaknya cukup sampai di sini dulu tulisan ini. Buat teman - teman yang mau curhat atau berbagi pengalaman denganku atau bahkan ada yang butuh konselor, aku siap membantu kalian. Terima kasih atas kunjungannya dan jangan lupa meninggalkan pesan, kesan, kritik dan saran yaw…Kritikkan Anda sangat berguna untukku.

(Penulis : Astriani)



Baca Lengkap Klik disini...

PROBLEMA GADIS REMAJA BAGIAN 3

Dari kisah tersebut kita dapat menyimpulkan bahwa pengaruh lingkungan sangat berperan dalam hal ini. Dan parahnya lagi, korban merasa putus asa sehingga ia terpaksa menjerumuskan dirinya sendiri. Kasihan mereka, saat mereka terpuruk tak ada satupun orang yang mendukung mereka. Malah, sebagian orang mencemooh mereka. Andai mereka mendapat satu semangat dari seseorang, pasti mereka akan termotivasi kembali untuk maju dan memperbaiki kesalahan mereka.
Buat para remaja cewek, kalian harus berhati-hati dalam bergaul. Jangan sampai salah pergaulan yang nantinya malah mengakibatkan kalian terjerumus ke jalan yang tidak diridhoi oleh Allah SWT. Ada beberapa trik dalam bergaul agar kita tidak terjerumus ke hal negatif, yaitu :

  1. Sebagai manusia kita harus punya prinsip agar tidak mudah dipengaruhi oleh orang lain. Kalau pengaruhnya baik sih tidak apa-apa tapi kalau pengaruh buruk, gimana ?
  2. Hati-hati dalam bergaul. Jangan sampai kita salah pergaulan. Ya, berteman dengan siapa saja itu perlu tetapi bukan berarti kita harus meniru / mengikuti semua ajakan teman. Ingat, you are you. So be your self ,guys.
  3. Mendekatkan diri pada Tuhan itu perlu banget.
  4. Berpegang teguh pada norma- norma agama dan sosial.

Jadi hati-hati saja dalam bergaul, tetapi bukannya kita menjauhi teman yang salah pergaulan lho…Kalau bisa kita membantu mereka untuk keluar dari kesalahan itu. Namun jika tidak bisa ya kita jangan ikut-ikutan kayak mereka.
Sekian corat-coret saya, saya harap Anda suka dengan tulisan ini. Bila ada kalimat yang kurang berkenan di hati Anda, saya mohon segudang maaf yang tulus ikhlas dari hati Anda.
Terima kasih…

Baca sebelumnya : Problema Gadis Remaja Bagian 2

Baca Lengkap Klik disini...

Sabtu, 07 Maret 2009

PROBLEMA GADIS REMAJA BAGIAN 2

tulisan lanjutan bagian 1.
Awalnya ia hanya disuruh berjualan minuman ringan dan makanan ringan di lokalisasi. Ia sempat merasa curiga karena menurutnya apa ada orang yang mau membeli barang dagangannya di tempat yang gelap dan sepi seperti itu. Tetapi ia mencoba untuk ber-positif thinking. Kemudian ia mendapatkan pelanggan.
“Dek, beli minumannya dong.” ujar si pembeli.
“iya, pak. Mau yang mana ?”
“Emm, yang itu aja deh…”
“Ini, pak…terima kasih…”
“Eeh, mau kemana ? Saya kan juga mau plus - plusnya.”
“Maaf, plus-plus apa ya ?”
Alah, kamu ga usah sok ga tau gitu deh. Ayo cepetan, Om udah ga sabar nich…”
Dan kejadian yang tidak diinginkanpun terjadi. Tak terbayang olehnya bahwa akhirnya seperti ini. Dia sungguh menyesal, tetapi penyesalan tidak akan mengembalikan keperawanannya. Dia tidak tahu harus bagaimana dan akhirnya dia memutuskan untuk memasuki lembah hitam itu lebih dalam lagi karena menurutnya, sudah basah mending mandi sekalian. Ya, baginya dia sudah tidak memiliki harapan lagi. Masa depannya hilang bersama keperawanannya. Dan sampai sekarang dia masih menekuni pekerjaan itu. Saat ditanya sampai kapan ia akan bekerja seperti itu terus ? ia hanya menjawab “Sampai Tuhan mengakhiri hidupku.” jawabnya sembari tersenyum pasrah.
Lanjutan bagian 3.
Baca Lengkap Klik disini...

PROBLEMA GADIS REMAJA BAGIAN 1


Seorang gadis yang berdiri di pinggir jalan menanti para lelaki hidung belang sudah menjadi pemandangan yang biasa dikalangan masyarakat. Dari penelusuranku, aku mendapati seorang gadis berusia 16 tahun yang berprofesi sebagai pramunikmat. Sebut saja Rina. Dia telah menjalani pekerjaan ini sejak ia berumur 15 tahun. Kini ia duduk di bangku salah satu bangku SMA swasta di Semarang. Menurut penuturannya, awal mula ia terjun di lumpur hitam ini adalah saat keluarganya mengalami krisis keuangan. Ia terancam tidak dapat meneruskan pendidikannya karena orang tuanya tidak mampu untuk membiayainya. Lalu ia mendapat tawaran dari temannya yang menjadi salah satu pramunikmat di Lokalisasi pelacuran. Silahkan nikmati tulisan lanjutannya pada bagian 2.
(Penulis : AStriani)

Baca Lengkap Klik disini...

KISAH ANAK JALANAN

Kehidupan bebas di jalanan membuat anak-anak yang menetap di sana hancur. Kerasnya kehidupan di jalan merusak masa depan mereka. Apa pantas seorang anak berusia di bawah 15 tahun hidup di jalan ? Mereka harus menghidupi keluarga dengan mengamen, mengemis, memulung sampah, dll. Mereka tidak bersekolah, yang mereka tahu hanyalah kerasnya kehidupan di jalan. Hal itu memaksa mereka untuk masuk ke dalamnya.Sering kita temui di tempat-tempat umum (terminal, stasiun, pasar, dll) anak-anak mencari uang dengan bermacam-macam cara. Namun di sela-sela pekerjaan mereka, terkadang mereka mencoba hal-hal yang mereka sendiri tidak sadar bahwa hal itu dapat menjerumuskan mereka ke jurang NARKOBA.
Ngelem adalah salah satu kegiatan yang mereka lakukan di waktu luang. Ngelem adalah menghirup aroma lem Aica Aibon. Lem ini termasuk bahan adiktif sehingga dapat mengakibatkan ketergantungan.
Saat menemui salah satu pecandu sebut saja Wanto, dia mengemukakan bahwa alasan mereka menggunakan lem Aica Aibon adalah karena himpitan ekonomi. Dana yang minim membuat mereka beralih dari pil koplo/putaw ke Lem Aica Aibon.
“Awalnya aku dikasih teman putaw, lalu aku ketagihan. Saat sakaw, aku tidak peduli bagaimanapun caranya aku harus mendapatkan putaw. Hingga aku tak segan untuk mencuri agar aku bisa membeli putaw.” Ujar Wanto.
Kemudian suatu hari temanku mengajak untuk menghirup lem Aica Aibon. Awalnya aku ga’ peduli. Tetapi lama kelamaan kayaknya enak juga. Akhirnya aku coba deh….” tambah Wanto.
Sampai sekarang mereka masih mengonsumsinya. Menurut mereka, ngelem lebih murah daripada memakai putaw.
“1 kaleng lem Aibon harganya sekitar Rp 7.000. Aku biasanya patungan sama temen-temen. Biasanya satu anak dimintai Rp 1.000 - Rp 2.000, hasilnya dibelikan lem setelah itu dibagi-bagi.” Jelasnya.
Ya, jelas mereka lebih memilih untuk ngelem ketimbang menggunakan pil koplo / putaw. 1 butir pil koplo aja harganya sekitar Rp 10.000 dibandingkan dengan 1 kaleng lem Aica Aibon yang harganya Rp 7.000. Saat ditanya tentang keuntungan ngelem, mereka cuma bisa cengar-cengir aja.
“He…he…he…ya, cuma buat seneng-seneng aja mbak…” Jawab salah satu dari mereka.
Dampak dari ngelem sendiri itu bahaya sekali lho
“Kadang aku sampai pingsan terus ga’ jarang juga aku mimisan, tetapi tidak apa-apa yang penting senang.” Ujar Wanto sambil asyik ngelem.
Di sana saya juga menemui anak berusia di bawah 10 tahun sedang ngelem bersama teman-temannya. Aduh, padahal dari penjelasan Wanto tadi, kita bisa menyimpulkan bahwa hal itu berdampak buruk bagi kesehatan terutama paru-paru dan syaraf otak. Eeh, ini malah anak kecil sudah berani coba-coba memakai barang haram itu. Ntar kalo udah gedhe badannya hancur thu
Kasihan mereka, kadang orang seperti mereka dijauhi dan diklaim sebagai sampah masyarakat. Padahal lingkunganlah yang mengajari mereka. Seharusnya mereka dibimbing agar tidak salah jalan, bukannya dijauhi. Mengapa kita tidak merangkul mereka, berbagi pengalaman tentang kehidupan. Mungkin sebagai anak muda bisa bergabung dengan organisasi-organisasi yang peduli akan masalah remaja seperti KISARA. Mari galang Kesatuan Indonesia tanpa NARKOBA….

(Ditulis oleh : Astriani)
Baca Lengkap Klik disini...

TRIK CEPAT MENGHAFAL TEPAT

Bagi remaja masa kini, belajar mungkin merupakan hal yang membosankan. Walaupun tidak semua anak beranggapan demikian, namun sebagian besar remaja setuju akan hal itu. Saya harap setelah Anda membaca tulisan ini, Anda tidak lagi beranggapan bahwa pelajaran itu membosankan. Selamat membaca…!!!!!!!!!

Trik cepat menghafal tepat :

  1. Ciptakan suasana belajar senyaman mungkin, se-rileks mungkin karena hal ini sangat berpengaruh. Saat menghafal,kita membutuhkan kerja otak kanan dan kiri. Dengan suasana yang rileks akan membantu kita memaksimalkan kerja kedua otak tersebut. Dengan demikian, kita akan mudah menghafal/menyerap materi.
  2. Baca dengan cermat
    Pada dasarnya, model pokok belajar adalah membaca. Bacalah dengan seksama bahan yang akan kita hafal. Lalu, YAKINLAH bahwa kita benar - benar memahami materi yang kita baca. Saat kita menemukan bagian tersulit, bacalah bagian tersebut dahulu. Cara ini sangat berguna karena biasanya menghafal yang sulit akan membutuhkan waktu yang sangat lama. Dan jika kita telah berhasil menaklukkan bagian tersebut, kita akan termotivasi untuk menaklukkan bagian yang lain yang lebih mudah dan lebih cepat.
  3. Ulangi bagian tersulit
    Baca kembali bagian tersebut dengan cepat dan ulang - ulang bagian lain juga dengan kecepatan tinggi.
  4. Buat “penanda” dalam benakmu
    Ciptakan penanda dalam benakmu dangan membuat sebuah perumpamaan. Dan Mikels, orang yang mampu mengingat semua nama, alamat, dan nomor telepon yang ada di Los Angeles yakin bahwa orang mulai kehilangan kemampuan mengingat saat mereka mulai menandai. Tanda menurut Mikels adalah peristiwa - peristiwa yang menarik, baru dan menyenangkan dalam kehidupan kita. Visualisasikan tanda itu menjadi sesuatu yang dapat kita lihat dengan sejelas-jelasnya. Misalnya dengan membuat gambar kartun, sketsa atau diagram.
  5. Ulangi dengan suara
    Ulangi lagi bacaanmu, sekarang dengan mengombinasikan antara suara yang kamu keluarkan dengan tanda apa yang telah kamu pilih. Kalau kamu mau lebih seru, ngga’ salahnya menambah gaya saat menghafal.
  6. Tidur
    Belajar sambil tidur ? Ya, tidurlah sejenak setelah kamu mengulangi kembali apa yang sudah kamu baca dan hafalkan dengan singkat. Sebab proses pengendapan dalam memori akan lebih cepat terjadi manakala kita tidur, sekaligus memulihkan stamina yang telah kita pakai selama proses menghafal tadi.

Yupz, itu tadi sedikit tips dariku. Dan trik itu cukup berhasil kok…karena aku juga sering menerapkan trik itu saat belajar. Selamat mencoba……!!!!!!!!

(Write on by Astriani)

Baca Lengkap Klik disini...

PACARAN WHY NOT BAG. 3

Mau agar pacaran aman dan awet ?

Agar pacaran aman dan awet, kita harus punya prinsip. Artinya, segala sesuatu yang kita lakukan ada dasar dan tujuan yang jelas. Dalam pacaran, bukan tidak mungkin kita akan menemukan perbedaan prinsip. Wajar kok, asalkan bisa saling menghargai. Tiap orang punya hak untuk bicara terbuka termasuk mengungkapkan prinsip masing-masing. Dalam menyampaikan prinsip atau pendapat, dibutuhkan cara berkomunikasi yang baik agar tidak terjadi kesalahpahaman.

Terdapat 3 model komunikasi, yaitu :

  1. Pasif
    Kita sulit bisa mengekspresikan keinginan, perasaan dan pikiran kita. Hal ini berefek buruk karena apa yang kita harapkan tidak sesuai dengan kenyataan. Misalnya kita tidak berani menolak pas pacar ngajakin kissing, padahal sebenarnya kita tidak mau. Pacara dengan model komunikasi kayak gini hanya akan menghasilkan hubungan yang monoton dan membosankan.
  2. Agresif
    Dalam mengemukakan keinginan, pikiran dan perasaan. Kita cenderung mendominasi, tidak ramah dan mengabaikan kepentingan orang lain. Model komunikasi seperti ini bisa memicu keretakan hubungan kita dengan orang lain.
  3. Asertif
    Ini adalah gaya komunikasi yang paling oke. Kita bisa berikap tegas dalam mengekspresikan keinginan, pikiran, dan perasaan tetapi tetap menghargai orang lain. Kondisi orang lain juga menjadi pertimbangan sebelum mengungkapkan keinginan. Misalnya, menolak dengan sopan dan memberikan alasan yang masuk akal ketika pacar meminta yang aneh-aneh.

Cara berkomunikasi tidak hanya memengaruhi keberhasilan kita berinteraksi dengan orang lain tetapi kita juga mampu berkomunikasi dengan baik menjadikan kita terampil dalam mengambil keputusan.

SELAMAT MENCOBA !!!
SEMOGA PACARANNYA TAMBAH OKE YAW…….

(Write on by Astriani)
Baca Lengkap Klik disini...

PACARAN WHY NOT BAG. 2

Melanjutkan tulisan saya pada postingan sebelumnya, Lalu, apa saja yang mempengaruhi perilaku seksual remaja ?
  1. Faktor internal
    • Pengaruh yang berasal dari dalam diri kita
    • Bagaimana kita mengekspresikan perasaan, keinginan, dan pendapat tentang berbagai macam masalah.
    • Menentukan pilihan ataupun mengambil keputusan bukan hal yang gampang. Dalam memutuskan sesuatu, kita harus punya dasar, pertimbangan, dan prinsip yang matang
  2. Faktor eksternal
    Perilaku seks juga dipengaruhi oleh faktor-faktor dari luar. Contohnya
    • kemampuan orang tua dalam mendidik kita mempengaruhi pemahaman kita dalam mengenal sesuatu terutama masalah seks.
    • Lalu agama mengajarkan mana yang benar dan mana yang buruk. Pemahaman terhadap apa yang diajarkan agama akan mempengaruhi perilaku kita.
    • Kemudian remaja cenderung menghabiskan waktu dengan teman sebaya sehingga tingkah laku dan nilai-nilai yang kita pegan banyak dipengaruhi oleh lingkungan pergaulan kita. Ditambah lagi Teknologi informasi yang semakin berkembang memudahkan kita untuk mengakses informasi setiap saat. Tetapi informasi tidak selalu membawa pengaruh yang positif.
(Write on by Astriani) Baca Lengkap Klik disini...

PACARAN WHY NOT BAG. 1

Zaman sekarang yang namanya pacaran sudah tidak menjadi hal yang baru buat para remaja. Tidak ada salahnya kita berpacaran tetapi inget kata orang tua, ” Asal jangan sampai kebablasan…
Yupz, maksudnya kebablasan itu adalah jangan sampai kita salah jalur yang nantinya mengakibatkan menikah muda atau malah jadi beban hidup. Lalu bagaimana sosulinya ? Pacaran sehat adalah jawaban dari semua tanya. Nah, sekarang mari kita bahas bagaimana pacaran yang sehat itu ?

  1. Sehat Fisik
    Sehat fisik berarti tidak ada kekerasan dalam berpacaran. Biarpun cowok secara fisik lebih kuat dari cewek, tapi bukan berarti bisa seenaknya menindas kaum cewek. Pokoknya dilarang saling memukul, menampar, apalagi menendang. (He…he…he…)
  2. Sehat emosional
    Hubungan dengan orang lain akan terjalin dengan baik apabila ada rasa nyaman, saling pengertian dan adanya keterbukaan. Jangan sampai kita mengumbar ego karena yang namanya pacaran kan berarti kita harus saling memahami dan saling memberi. Jadi jangan egois ya…
  3. Sehat sosial
    Maksud dari sehat sosial adalah tidak harus “mengikat”. Artinya, hubungan sosial dengan yang lain harus tetap dijaga. Jadi hubungan dengan pacar tetap langgeng tetapi hubungan dengan teman juga harus jalan terus. Kan pacaran juga tidak harus bersama pagi, siang, malam.
  4. Sehat seksual
    Secara biologis, kita yang masih remaja ini mengalami perkembangan dan kematangan seks. tanpa disadari hal itu juga mempengaruhi kehidupan seksual seseoarang. Kedekatan secara fisik bisa memicu keinginan untuk melakukan kontak fisik. Kalau diteruskan, bisa tidak terkontrol. Jadi, dalam pacaran kita harus saling menjaga. Artinya tidak melakukan hal-hal yang beresiko (kissing, necking, petting)
(Write on by Astriani)

Baca Lengkap Klik disini...

TUKANG PAMER

Hari ini, seperti biasa terjadi keributan di kelas. Tiba-tiba bu Nur ( guru sekaligus waka kesiswaan ) masuk ke kelas kami. Beliau memberikan sertikat Pelatihan Konselor Sebaya dan sertifikat Pemenang lomba blog yang diadakan oleh Polines. Dan di salah satu sertifikat itu tercantum namaku. Awalnya aku hanya ingin memasukannya dalam tas. Eh, tapi temanku membahasnya. Dia menanyakan jumlah sertifikat yang ku punya. Dia menunjukkan jumlah sertifikat yang ia punya. Begitu juga denganku, ku sebutkan jumlah sertifikatku. Hingga terjadilah sebuah perdebatan di kelas.

“Eh, tau nggak ?Aku udah punya tiga sertifikat lho…” Ucap salah satu temanku (sebut saja si A)
“Nggak tau, udah banyak owk…” ucapku
“Aku udah punya tiga lho + satu piala besar.” ucap si A
“Aku juga udah punya banyak owk…” ucap temanku yang lain (sebut saja si B) nsambil menyebutkan jenis serttifikatnya.
Lalu si A menanyakan lagi jumlah sertifikatku. Dan bukan maksud bersombong dengan enteng ku jawab “kamu mau ngajak banyak-banyakan sertifikat.” Dia langsung diam. Eh, tiba-tiba si B bilang sambil nyolot, ” Aku besok mau bikin piala tingkat 10. Keren kan…???”
Aku pun menjawabnya dengan nyolot juga,”Aku aja yang abiz menang lomba ja nggak ribet owk…kok kalian pada nyombongin diri sendiri.”
Dan si A pun merasa tersinggung. Ia bilang “siapa yang sombong sih ? kamu jangan gitu dunk.”

Aku merasa nggak enak karena udah membuat mereka tersinggung. Maaf ya teman-teman…

Aku sangat menyayangi kalian. Tanpa kalian aku nggak akan bisa jadi seperti ini..Terima kasih teman…
(Penulis : Astriani)


Baca Lengkap Klik disini...

TIPS MUDAH MENANGGULANGI RUSAKNYA LINGKUNGAN

Awan yang dulu tampak cerah kini mendung, seakan ia murung karena tingkah laku manusia. Beribu hektar hutan di tebang secara liar. Banyak sampah berserakan, asap knalpot yang menyebabkan polusi udara, bahan kimia yang disalahgunakan dan masih banyak lagi hal – hal yang dapat merusak lingkungan. Bagaimana kita menanggapinya ? Geosains Australia memperkirakan di tahun 2009 mendatang akan terjadi bencana alam yang paling parah. Beredar pula buku-buku yang membahas tentang kapan tiba hari kiamat. Sempat saya membaca salah satu buku tersebut. Menurut pendapat saya penulis bercermin pada kejadian-kejadian silam. Lalu mereka menghitung selisih tahun kejadian tersebut dan pada tahun 2012 adalah tahun dimana tepat semua kejadian bencana alam itu terjadi. Dan mungkin banyak nyawa yang menjadi korban. Bisa dibilang pada tahun 2012 akan terjadi pemilihan penghuni bumi. Yang beriman terselamatkan dan yang berdosa yang meninggal. Sekarang kita tidak perlu pusing-pusing memikirkan hal tersebut. Yang ada bukannya taubat malah menyiksa diri. Lihat sekeliling kita, banyak sampah yang menutupi tanah kita apalagi sampah an organik yang sukar diurai.Sehingga air sulit untuk meresap ke tanah. Akibatnya, banyak terjadi banjir dimana-mana. Tidak hanya sampah yang menjadi penyebab utama, kurangnya pepohonan juga mempengaruhi proses penyerapan air. Banyak hutan dan sawah dijadikan perumahan sehingga pepohonan pun berkurang. Padahal akar pohon itu diperlukan untuk membantu proses penyerapan air. Sekarang tanah tidak dapat menyerap dengan sempurna dan itu juga mengakibatkan tanah longsor. Bagaimana cara menanggulanginya ? Berikut beberapa tips untuk menanggulangi bencana tersebut :
  1. Jangan buang sampah sembarangan.
    Buanglah sampah di tempat yang sudah disediakan. Usahakan untuk memisah antara sampah organik dan sampah an organik. Kita juga bisa melakukan aksi “Pungut satu sampah” yaitu satu orang memungut satu sampah yang dilihat di setiap tempat lalu buang di tempat sampah.
  2. Tanam dan rawat pohon di sekitar kita
    Jika kita melihat lahan kosong, cobalah untuk menanam pohon yang bisa membantu penyerapan air. Seperti pohon mangga, pohon rambutan, dll. Selain bisa menyerap air, kita pun bisa menikmati buah dari pohon itu, berteduh di bawahnya dan pohon tersebut bisa menyerap karbondioksida dan merubahnya menjadi oksigen. Nah, banyak keuntungan yang kita dapat dari menanam pohon. Eits, selain menanam kita juga harus menjaga dan merawatnya lho…
  3. Manfaatkan sampah
    Ada baiknya kita memanfaatkan sampah yang ada. Seperti yang terjadi di SMK Negeri 8 Semarang. Siswa SMK Negeri 8 memiliki satu usaha yaitu “Rumah Produksi Jamur Tiram”. Media tanam yang digunakan adalah serbuk gergaji, sekatul, dan kapur. Bekas media tanam tersebut tidak dibuang melainkan dimanfaatkan menjadi bricket. Jadi kan bisa dimanfaatkan untuk memasak. Kan lebih murah daripada pake’ kompor gas.
    Masih banyak lagi yang bisa kita lakukan dengan memanfaatkan sampah an organik.
Kita sebagai manusia yang tinggal di maka kita pun wajib merawatnya. Kalau bukan kita, siapa lagi ?

Penulis : Astriani.


Baca Lengkap Klik disini...

Rabu, 04 Maret 2009

PANDANGLAH MEREKA

Sumber Foto : www.ksemar.wordpress.com

Disekitar kita banyak terdapat orang-orang yang kurang beruntung daripada kita. Dan terkadang mereka dibiarkan begitu saja bahkan tanpa ditatap oleh mata-mata disekitarnya. Mereka tampak seperti terbuang dan terasingkan, padahal ketidakberuntungan mereka bukan kemauan mereka sendiri. Banyak orang-orang maupun televisi swasta maupun negeri yang mengadakan suatu pundi amal untuk orang-orang yang miskin tetapi tetap saja masih banyak orang yang miskin. Kemiskinan mereka sebagian besar dipengaruhi oleh keuangan dalam keluarga. Ekonomi itulah yang mendasari adanya kemiskinan di Indonesia, anak-anak miskin yang ingin sekolah walaupun mereka itu pandai karena terhalang oleh biaya yang membengkak akhirnya tidak bisa bersekolah. Jika dilihat orang-orang miskin disekitar kita begitu kasihan apabila tidak bisa berobat ke dokter akibat terbentur masalah ekonomi. Begitu banyaknya orang-orang yang memperoleh kartu ASKESKIN yang diberikan untuk orang yang tidak mampu tetapi ada juga yang tidak layak untuk memperolehnya, mereka malah mendapatkannya. Kekeliruan itu yang berbahaya karena orang yang tidak pantas untuk mendapatkan kartu itu justru mendapatkannya dan sebaliknya orang yang berhak mendapatkannya malah tidak mendapatkannya. Hal itu menunjukkan keserakahan seseorang yang tidak memperdulikan orang-orang yang kurang mampu dan ada disekitarnya. Mereka itu adalah orang-orang yang serakah dan tidak peduli terhadap nasib seseorang. Sebagai seorang manusia yang memiliki akar pikiran yang berbeda dengan makhluk Tuhan yang lain maka kita juga harus berfikir dan memperhatikan orang-orang yang ada disekitar kita dan apabila mereka membutuhkan bantuan maka kita harus membantunya sebisa dan semampu kita. Saat bulan puasa ini lebih baik kita lebih banyak membantu dan beramal baik kepada orang-orang yang benar-benar membutuhkan bantuan dari kita. Manusia sebaiknya memberikan yang terbaik kepada manusia yang agar dia menjadi manusia yang berguna bagi manusia lain. Semoga saja kemiskinan di Indonesia dapat teratasi dengan baik dan tanpa suatu kejadian yang tidak diinginkan.
(Penulis : ERin Novianti Dewi, siswa kelas XI Multimedia SMK Negeri 8 Semarang)

Baca Lengkap Klik disini...

Senin, 02 Maret 2009

TREN ANAK MUDA MASA KINI



Jaman sekarang, anak muda bertindak seenaknya sendiri tanpa pernah mau berpikir panjang, apa yang akan terjadi suatu hari nanti. Anak muda selalu memiliki keinginan untuk melakukan hal yang mereka inginkan tidak memikirkan akibat dari perbuatan mereka. Sekarang ini banyak sekali remaja perempuan yang memakai pakaian yang sangat membuka auratnya sehingga dapat membangkitkan gairah kaum lelaki. Akibat dari perbuatan kaum remaja perempuan itu berakibat sangat fatal bagi semua orang yang melakukan maupun yang tidak melakukan. Maraknya kejadian pemerkosaan diawali dengan hal semacam itu. Satu hal lagi yang sangat fatal bagi seorang perempuan adalah menjadi berbadan dua(hamil), jika itu terjadi tidak seorang pun yang mau bertanggungjawab yang ada hanyalah rasa malu yang begitu sangatnya. Akibat dari hal itu tidak hanya berbadan dua tapi juga dapat tertularnya virus HIV/AIDS yang sampai sekarang belum ada obatnya itu. Anak muda jaman sekarang lebih mementingkan egonya sehingga dapat melakukan apa saja. Anak-anak muda laki-laki dan perempuan melakukan hubungan tanpa memikirkan akibat yang terjadi setelahnya, mereka dengan santainya menyewa sebuah kamar ataupun sebuah apartement hanya untuk memuaskan hasrat mereka. Mereka tidak sadar bahwa tindakan mereka dapat menyebarkan virus HIV/AIDS. HIV/AIDS banyak terjangkit oleh anak-anak muda yang sering berganti-ganti pasangan. Bagi para kaum muda yang membaca artikel ini ingatlah bahwa janganlah kalian melakukan hubungan yang dapat menimbulkan sesuatu yang berbahaya seperti sex bebas yang dapat menyebabkan tertularnya virus HIV/AIDS. (ERin Novianti Dewi)

Baca Lengkap Klik disini...

NARKOBA ITU BASI


Indonesia ini banyak sekali tempat-tempat yang digunakan oleh orang-orang untuk membuat dan mengedarkan narkoba seolah-olah dijadikan sarangnya narkoba. Orang-orang asing pernah ada yang terlibat sehingga ditangkap oleh kepolisian Indonesia. Banyak ladang-ladang ganja yang belum diketahui keberadaannya. Kata-kata narkoba tidak akan pernah bisa hilang dalam pemberitaan, masih ada saja orang yang mengadakan dan memakai barang haram itu. Kata narkoba juga juga begitu sering terdengar ditelinga tapi tetap saja kelakuan yang sama tidak akan hilang juga. Sudah banyak tindakan yang dilakukan oleh kepolisian tetapi kata narkoba juga tidak bisa hilang. Kebanyakan dari korban-korban narkoba adalah remaja-remaja yang frustasi dan yang ingin coba-coba saja. Dari keinginan mencoba rasa narkoba maka hal itu awal mula dari kehancuran orang itu, orang itu akan ketagihan dan ingin terus dan terus mencobanya. Untuk menghindari narkoba sebetulanya cukup mudah saja tergantung dari niat si pemakai. Caranya adalah memberikan pengetahuan tentag bahayanya narkoba, senantiasa selalu mendekatkan diri kapada Tuhan Yang Maha Esa. Indonesia akan semakin rusak jika narkoba tetap dibiarkan berkeliaran dimana-mana dan merajalela di nusantara. Coba kalian bayangkan jika semua penduduk Indonesia mengkonsumsi narkoba, negeri kita akan menjadi dunia hitam yang tidakakan menjadi putih. Coba kalian bayangkan jika penduduk Indonesia tidak ada satupun yang memakai narkoba, negeri akan menjadi lebih bersinar dan anak-anak Indonesia akan berprestasi. Maka berusahalah kalian para remaja agar Indonesia menjadi lebih indah dan bersinar, jangan lupa katakan bahwa “NARKOBA!! BASI DECH”. (ERin Novianti Dewi)

Baca Lengkap Klik disini...

PRO KONTRA PENAYANGAN ANIME


Wah ternyata yang dikhawatirin para pecinta anime terjadi juga! dengan munculnya pro dan kontra penayangan anime di setasiun televisi Indonesia mengakibatkan banyaknya anime anime yang dianggap mengandung unsur kekerasan dan sebagainya terancam DIPUTUS alias dihentikan !!!

Hal tersebut muncul karena banyak orang tua yang melihat anak anak nya yang masih kecil menonton anime yang terlalu mengandung unsur kekerasan dan sebagainya, padahal sudah ada rating yang sesuai. Namun nampaknya hal tersebut telah diabaikan oleh para orang tua.

jika semua anime yang bukan untuk anak anak dihilangkan terus para remaja mau nonton apa?
kalau menurut saya sendiri film film anime yang sedang menjadi pro kontra itu lebih bagus daripada sinetron ataupun film film cinta yang sering kali ditonton oleh anak anak yang bahkan banyak yang mengandung unsur lebih berbahaya. Kenapa film tersebut tidak dilarang?

(Riris Efianny)

Baca Lengkap Klik disini...

KISAH SEDIH SEBATANG POHON DI PINGGIR JALAN

Pagi itu, dihari yang cerah setelah semalaman diguyur hujan, nampak sebatang pohon pelindung di pinggir jalan yang ramai oleh lalu lintas kendaraan. Seperti didunia dongeng, saya mendengar keluh kesah sang pohon tersebut. Begini cerita yang mengalir. …

Bertahun-tahun saya hidup dipinggir jalan ini
Bertahun-tahun saya mengabdikan diri untuk menjadi pelindung bagi sekitarku
Bertahun-tahun saya memberikan manusia dan hewan yang lewat nafas kehidupan
Bertahun-tahun saya memberikan manusia keteduhan dari sengatan sinar matahari

Tapi kemarin …
Saya merasakan betapa jahatnya manusia
Menancapkan paku bergambar partai dan wajah calon legislatif ke tubuhku
Satu caleg ……….. disusul yang kedua …… terus yang ketiga ………sampai tidak ada bagian tubuhku yang terbuka
Apakah mereka tidak tahu bahwa gambar itu akan menghalangi stomataku menarik CO2 ?
Apakah mereka tidak sadar bahwa wajah calon legislatif itu menutupi tubuhku dari sinar matahari?

Setelah kulihat kanan dan kiri
Terus temanku pohon diseberang jalan
ternyata nasib kita sama
Untuk menjadi tempat iklan
tanpa bayaran
tanpa kena pajak

Akhirnya, ….
Saya berdoa kepada Yang Maha Kuasa
Semoga mereka yang menempel di tubuhku akan menang
dan buat kebijakan yang berpihak pada kami
Pohon-pohon yang malang

Semoga …………….

Foto yang buat :

Baca Lengkap Klik disini...

DEFINISI GLOBAL WARMING

Sebelum menginjak pada definisi perubahan iklim maka perlu diketahui istilah pemanasan global. Pemanasan global adalah meningkatnya suhu rata-rata permukaan bumi sebagai akibat meningkatnya jumlah emisi Gas Rumah Kaca di atmosfer. Menurut Budianto (2000:195) dalam Rajaguguk, E dan Ridwan K (2001) perubahan iklim global sebagai peristiwa naiknya intensitas efek rumah kaca yang terjadi karena adanya gas dalam atmosfer yang menyerap sinar panas yaitu sinar infra merah yang dipancarkan oleh bumi.

Sedangkan IPCC (2001) menyatakan bahwa climate change refers to a statistically significant variation in either the mean state of the climate or in its variability, persisting for an extended period (typically decades or longer). Selain itu diperjelas juga bahwa climate change may be due to natural internal processes or external forcings , or to persistent anthropogenic changes in the composition of the atmosphere or in land use.

Kementerian Lingkungan Hidup (2001:1) mendefinisikan perubahan iklim adalah berubahnya kondisi fisik atmosfer bumi antara lain suhu dan distribusi curah hujan yang membawa dampak luas terhadap berbagai sector kehidupan manusia. Perubahan fisik ini tidak terjadi hanya sesaat tetapi dalam kurun waktu yang panjang.

LAPAN (2002;1) mendefinisikan perubahan iklim adalah perubahan rata-rata salah satu atau lebih elemen cuaca pada suatu daerah tertentu. Sedangkan istilah perubahan iklim skala global adalah perubahan iklim dengan acuan wilayah Bumi secara keseluruhan.

Definisi yang umumnya diterima adalah berdasarkan pasal 1 Konvensi PBB mengenai Perubahan Iklim yang menyatakan :

“Climate change means a change of climate which is attributed directly or inderictly to human activities that alters the composition of the global atmosphere and which is in addition to natural climate variability observed over comparable time periods.”

Atau diterjemahkan :

“Perubahan iklim ialah berubahnya iklim yang diakibatkan langsung atau tidak langsung oleh aktivitas manusia yang menyebabkan perubahan komposisi atmosfer secara global dan selain itu juga berupa perubahan variabilitas iklim alamiah yang teramati pada kurun waktu yang dapat dibandingkan.” (Astriani)

RUJUKAN :

Budianto, AI. 2001. Pengaruh Perubahan Iklim Global Terhadap Negara Kepulauan Indonesia, dalam Rajagukguk, E dan Ridwan K, Jakarta.

LAPAN, 2003. Landasan Ilmiah Perubahan Iklim, Bandung.

Intergovernmental Panel on Climate Change,1995. Climate Change 1994, IPCC, Cambridge University Press, London.

KLH. 1992. Dampak Perubahan Iklim, Kantor Menteri Negara Lingkungan Hidup, Jakarta.


Baca Lengkap Klik disini...

OBAMA DAN PROTOKOL KYOTO

Dari tahun ke tahun sobat muda, iklim dibelahan dunia semakin tidak dapat diprediksi. Hal ini disebabkan karena polusi udara terutama gas karbon yang sedemikian parah. Untuk mengurangi akibat dari perubahan iklim tersebut dibuat kerangka hukum internasional yaitu Konvensi Kerangka Kerja PBB mengenai Perubahan Iklim (United Nations Framework of Climate Change Convention-UNFCCC) mulai dilaksanakan yang kemudian berhasil ditandatangani di tahun 1992 dan berlaku penuh (enter into force) di tahun 1995. Walaupun konvensi perubahan iklim telah berlaku namun belum cukup memadai untuk mencapai tujuan-tujuan serta tindakan yang nyata dalam mengurangi emisi gas rumah kaca. Maka di tahun 1997 telah berhasil ditandatangani Protokol Kyoto yang merupakan tindak lanjut pelaksanaan UNFCCC.

Ternyata Protokol Kyoto 1997 mengalami suatu proses yang rumit dalam upaya mencapai enter into force. Amerika Serikat dan Australia merupakan dua negara yang ternyata sangat menentang diterapkannya protokol ini yang berakibat beberapa negara mulai ragu untuk meratifikasi protokol ini.

Pelantikan Barrack Husain Obama sebagai Presiden USA yang ke-44 memberikan harapan segar bagi kita semua. Pandangannya terhadap isu lingkungan selama kampanye memberikan gambaran kepada kita betapa sangat seriusnya beliau terhadap kerusakan lingkungan. Semoga Obama berbeda dengan pendahulunya yang menentang Protokol Kyoto, tetapi segera meratifikasinya sehingga Protokol ini efektif, yang pada akhirnya lingkungan ini menjadi lebih baik lagi, semoga, kita tunggu saja kebijakannya. (Astriani).

Baca Lengkap Klik disini...

HUTAN KOTA BUAT KITA NYAMAN

Tidak adanya taman kota yang memadai untuk beraktivitas menyebabkan banyak masyarakat yang memanfaatkan fasilitas umum tidak pada tempatnya. Sering kita jumpai anak-anak bermain sepakbola di jalanan yang dapat mengganggu pemakai jalan. Pemerintah lebih mengutamakan pembangunan mal-mal, hotel, dan semacamnya hanya untuk keuntungan belaka tanpa memikirkan nilai-nilai sosial yang lebih penting. Namun, pembangunan taman kota perlu disertai dengan peraturan guna menghindari para PKL dan tunawisma mengotori dan mengganggu kenyamanan dan keindahan taman kota.
Untuk meningkatkan kualitas udara Kota Semarang yang semakin panas, beberapa hal yang penting untuk dilakukan adalah menghidupkan kembali /revitalisasi sarana kota yang terbengkelai, seperti pada bantaran sungai, tepian jalur kereta api, ruang ruang terbuka lainya yang terbuang (the lost space), ruang ruang luar yang merupakan transisi dari elemen kota yang satu ke yang lainya dengan upaya penghijauan yang semaksimal mungkin. Pohon-pohon di sepanjang jalan yang ditebang akibat korban pelebaran jalan dengan dalih untuk mengatasi kemacetan juga harus diganti. Kota Semarang memerlukan banyak taman kota untuk membantu menurunkan suhu lingkungan.
Cara yang dapat ditempuh untuk meningkatkan kualitas udara Kota Semarang adalah:
  1. Ruas jalan yang sudah didominasi dengan beton dan aspal perlu dilindungi dari matahari langsung dengan penanaman pohon di sepanjang tepi jalan.
  2. Menggalakkan gerakan penghijauan (misalnya penanaman sejuta pohon) untuk menghindari berkurangnya vegetasi dalam lingkungan kota. Penanaman ini dapat dilakukan di taman-taman kota, koridor jalan, pembatas jalan sehingga dapat membantu mengurangi suhu dan membuat kota lebih sejuk dan hijau. Pepohonan mempunyai potensi besar untuk mendinginkan kota dengan cara meneduhkan dan melakukan proses ”evapotranspirasi”. Proses ini terjadi ketika tanaman mengeluarkan uap air lewat pori-pori daun layaknya manusia yang mengeluarkan keringat. Vegetasi sangat bermanfaat untuk merekayasa masalah lingkungan perkotaan baik dari aspek estetika, mengontrol erosi tanah dan air tanah, mengurangi polusi udara, mengurangi kebisingan, mengendalikan air limbah, mengontrol lalu lintas dari kesilauan cahaya matahari maupun cahaya yang lainnya dan dapat mengurangi bau tidak sedap dari sampah. Tanaman buah-buahan akan menjadi pilihan Pemerintah Kota Semarang untuk menghijaukan arealnya terutama di bantaran sungai, lahan kosong, dan permukiman. Ini untuk meningkatkan partisipasi warga dalam memelihara kehijauan kota.engan penanaman buah-buahan ini, kesadaran masyarakat untuk menjaga ruang hijau kota dapat diciptakan.
  3. Keberadaan taman kota sangatlah penting bagi kenyamanan warga yang ingin melakukan kegiatan refreshing atau sekedar jalan-jalan. Setidaknya keberadaan taman kota dapat mengurangi dampak buruk yang diakibatkan oleh polusi udara. Jika hal ini dibiarkan, masyarakat akan hidup berdampingan dengan udara yang terpolusi. Untuk itu, diperlukan pengendalian diri Pemkot untuk tidak gatal menyulap lahan-lahan hijau menjadi bangunan komersial yang akan membuat Semarang menjadi semakin sumpek. Penanaman pohon merupakan suatu usaha untuk mendinginkan dan menghijaukan kota dengan pengelolaan taman kota, taman lingkungan, jalur hijau dan sebagainya. Apabila semuanya dilakukan bukan mustahil Semarang akan “ijo royo-royo” yang dapat menjadi identitas kota Semarang. (Astriani).


Baca Lengkap Klik disini...

DAMPAK NEGATIF SAMPAH

Halo sohib muda, nama saya Astriani, bolehkan nampang disini. keren khan ? Pada psotingan kali ini saya akan menulis tentang sampah.
Sohib Muda, Sampah yang kita hasilkan sehari-hari ternyata berdampak negatif terhadap manusia dan lingkungan. Perlu diketahui bahwa dampak sampah terhadap manusia dan lingkungan sebagai berikut :


  1. Dampak terhadap Kesehatan
    Lokasi dan pengelolaan sampah yang kurang memadai (pembuangan sampah yang tidak terkontrol) merupakan tempat yang cocok bagi beberapa organisme dan menarik bagi berbagai binatang seperti lalat dan anjing yang dapat menjangkitkan penyakit. Potensi bahaya kesehatan yang dapat ditimbulkan adalah terjangkitnya penyakit diare, kolera, tifus menyebar dengan cepat karena virus yang berasal dari sampah dengan pengelolaan tidak tepat dapat bercampur air minum, penyakit demam berdarah dapat juga meningkat dengan cepat di daerah yang pengelolaan sampahnya kurang memadai.
  2. Dampak terhadap Keadaan Sosial dan Ekonomi
    Dampaknya akan membentuk lingkungan yang kurang menyenangkan bagi masyarakat, bau yang tidak sedap dan pemandangan yang buruk karena sampah bertebaran dimana-mana.
  3. Pembuangan sampah padat ke badan air dapat menyebabkan banjir dan akan memberikan dampak bagi fasilitas pelayanan umum seperti jalan, jembatan, drainase, dan lain-lain.
  4. Infrastruktur lain dapat juga dipengaruhi oleh pengelolaan sampah yang tidak memadai, seperti tingginya biaya yang diperlukan untuk pengolahan air. Jika sarana penampungan sampah kurang atau tidak efisien, orang akan cenderung membuang sampahnya di jalan. Hal ini mengakibatkan jalan perlu lebih sering dibersihkan dan diperbaiki.
  5. Marilah mula sekarang Sohib Muda, buanglah sampah pada tempatnya. Jangan jadikan bumi kita tercinta sebagai tong sampah yang paling besar.








Baca Lengkap Klik disini...

Senin, 23 Februari 2009

UPAYA MENDINGINKAN BUMI KITA

Tiga jam terakhir pelajaran hari ini saya ngendon di laboratorium computer. Walaupun dengan dua AC yang terpasang, udara masih terasa panas apalagi di luar ruangan panas udara sangat menyengat. Hal ini kata guru saya disebabkan karena naiknya suhu bumi secara global atau lebih dikenal dengan istilah pemanasan global (global warming). Pemanasan global adalah adanya proses peningkatan suhu rata-rata atmosfer, laut, dan daratan Bumi. Suhu rata-rata global pada permukaan Bumi telah meningkat 0.74 ± 0.18 °C (1.33 ± 0.32 °F) selama seratus tahun terakhir. Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC) menyimpulkan bahwa, “sebagian besar peningkatan suhu rata-rata global sejak pertengahan abad ke-20 kemungkinan besar disebabkan oleh meningkatnya konsentrasi gas-gas rumah kaca akibat aktivitas manusia melalui efek rumah kaca. (www.wikipedia.org).

Sohib Muda, cara ngatasi suhu bumi yang panas dapat kita lakukan dengan cara :
  1. Mengurangi penggunaan kendaraan pribadi.
  2. Mengurangi penggunaan kendaraan pribadi sangatlah sulit, apalagi di kota-kota besar. Hal ini dikarenakan banyak faktor yang mempengaruhi gaya hidup masyarakat. Perasaan gengsi, ingin lebih nyaman, tidak adanya kendaraan umum yang memadai dll, merupakan faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan kendaraan pribadi. Namun jika harus mengendarai kendaraan pribadi pastikan bahwa kendaraan tersebut harus hemat BBM dan BBM tersebut hendaknya yang ramah lingkungan. Selain itu kurangi penggunaan kendaraan pribadi untuk jarak dekat. Alternatif kendaraan untuk jarak dekat diantaranya adalah jalan kaki atau bersepeda.
  3. Gunakan transportasi umum.

  4. Tidak mudah untuk menggunakan transportasi umum kecuali bagi yang terbiasa. Penggunaan transportasi umum sangat membantu untuk mengurangi gas emisi rumah kaca. Namun demikian perawatan kendaraan umum juga sangat besar pengaruhnya. Karena itu perlu diusulkan kepada pemerintah untuk memperbaiki sistem transportasi umum sehingga menjadi lebih baik.
  5. Menghentikan penebangan hutan.

  6. Penebangan hutan hingga saat ini masih menjadi isu yang menarik perhatian. Rata-rata setiap hari lebih negara dirugikan lebih dari 1 milyar rupiah setiap harinya akibat penebangan hutan yang liar (illegal loging). Padahal hutan sangat bermanfaat untuk menyerap CO2. Karena itu perlu didukung penanaman jenis-jenis tanaman yang mampu menyerap karbon.
  7. Mencegah kebakaran hutan.

  8. Kebakaran hutan yang disebabkan oleh kegiatan manusia sangat besar dampaknya. Hal ini dikarenakan kebutuhan untuk mendapatkan lahan yang lebih luas. Akibat dari kebakaran hutan maka luasan daerah yang mampu menyerap karbon akan berkurang. Dampak yang lebih parah adalah semakin meluasnya wilayah-wilayah yang potensial menjadi daerah gurun.
  9. Mengurangi sampah rumah tangga dan industri.

  10. Tindakan ini memang tidak mudah dilakukan. Sosialisasi mengenai program ini sudah berlangsung puluhan tahun namun nampaknya masih jauh dari harapan. Sampah yang semakin banyak dan tidak didaur ulang akan dikirim ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) dimana TPA memiliki banyak kandungan methan yang tinggi.
  11. Lakukan hemat energi.

  12. Melakukan hemat energi misalnya dengan mengurangi penggunaan lampu yang tidak diperlukan, pemakaian televisi yang terus menerus agak dikurangi dll. Hemat energi akan juga menghemat penggunaan batubara di PLTU.
    Demikian sohib muda, mudah-mudahan bermanfaat.
Baca Lengkap Klik disini...

Jumat, 20 Februari 2009

Dukung Kami dalam Kompetisi Blog IPTEKS 2009

Dalam upaya untuk menjadikan blog ini tampil penuh percaya diri, kami berupaya membuat disain blog yang bagus. Untuk itu selama hampir satu minggu kami obrak-abrik HTML pada blog ini. Kesulitan kami hadapi disana-sini,berkali-kali template berganti karena HTML template tidak bisa disimpan karena error. Tapi kami team komunitas blog Multimedia SMK Negeri 8 Semarang sangat percaya bahwa semakin sulit maka semakin semangat untuk menaklukkannya. Dan Tuhan memberi kami pemahaman untuk mengedit HTML. Tidak sia-sia kami belajar HTML di kelas satu dulu ternyata banyak manfaatnya. Selanjutnya team berdiskusi untuk menampilkan blog yang komunikatif artinya pengunjung akan dengan mudah mencari materi yang diinginkan tanpa harus melakukan scroll dari atas ke bawah.Maka kami punya pemikiran untuk memberi navigasi di bawah banner. Ternyata pekerjaan ini serumit mengubah template.Kembali kami berhadapan dengan bahasa HTML. Berkat usaha yang pantang menyerah kami berhasil menaklukkannya lagi. Dan paling akhir,kami ingin ketika pengunjung datang dan pergi meninggalkan blog diberi ucapan selamat sebagai apresiasi kami atas kunjungannya. Akhirnya satu pesan sponsor dari kami DUKUNG BLOG INI DALAM Kompetisi Blog IPTEKS 2009
Baca Lengkap Klik disini...

Senin, 16 Februari 2009

KRING KRING SEPEDA DATANG

sultan_bersepeda

www.kamase.org

Sekarang kita sudah mencapai jaman globalisasi yang dimana semua alat-alat serba praktis, serba modern, dan seeeeeeerba canggih tetapi apakah kamu para hanya mementingkan kemudahan dan kepraktisannya saja tanpa memandang akibat yang akan terjadi dalam jangka panjang. Ternyata dalam jangka yang cukup lama kita sudah mengotori dunia ini dengan barang-barang yang kurang berharga, misalnya plastik-plastik bekas makanan yang kita makan dan yang paling banyak dan tidak kalah dengan bungkus-bungkus plastik adalah asap kendaraan bermotor yang setiap hari mengeluarkan karbon monoksida. Karbon monoksida tersebut dapat menyebabkan polusi, jadi kurangi aja dech yang namanya polusi. Daripada naik kendaraan mendingan naik sepeda aja lebih asyik dan sehat.
Sepeda itu tidak mengeluarkan gas karbon monoksida dan tidak berbahan bakar. Sebagian besar orang berfikir bahwa menaiki sepeda itu sangat melelahkan, sangat membosankan, dan sangat sangat lainnya tetapi dibalik ketidak enakkan itu ada sesuatu yang tersembunyi yaitu kata SEHAT sebuah kata yang menarik bukan. Semua orang diseluruh dunia pun ingin memiliki kata-kata itu. Ayo tirulah negara lain seperti negara JEPANG, walaupun termasuk kota tersibuk didunia masyarakatnya masih menggunakan yang namanya sepeda lhoooo. Maka dari itu kita sebagai masyarakat yang baik harus mencontoh sesuatu yang baik pula. Sebuah contoh di Indonesia ini sudah banyak lhooo, ada juga yang naik sepeda saat berangkat bekerja (iii Waw) hebat banget ya. Orang-orang yang peduli lingkungan di Indonesia juga banyak, mereka lebih mementingkan keselamatan dunia daripada kesenangan mereka sendiri ADUHH SO SWEEEEEEET jadi iri dech sama mereka-mereka. berkat adanya acara ini mudaers Indonesia bisa berkompetensi untuk memperbaiki dunia yang sedang mengalami kerusakan yang sangat parah. Baik sekarang kembali lagi ke topik utama. Sepeda itu sangat terbatas jadi sepeda jadi yang paling terkecil diantara sekian banyak kendaraan bermotor UHH KASIHAN BANGET sepeda jadi terjepit dech. Seharusnya sepeda memiliki jalurnya sendiri agar tidak terlalu berbahaya bagi si pengendara sepeda. Coba dech kalau saja banyak orang yang naik sepeda pasti udara lebih bersih dan lebih segaaaaaar. Ayo sekali lagi para mudaers naik sepeda agar lebih sehat, abaikan dulu yang namanya kesenangan diri sendiri dan pentingkan keamanan dan kebersihan dunia. SELAMAT BERSEPEDA YA

Baca Lengkap Klik disini...
SELAMAT BERGABUNG DENGAN KAMI KOMUNITAS MULTIMEDIA SMK NEGERI 8 SEMARANG, TEMPAT ORANG BELAJAR MULTIMEDIA # JANGAN LUPA DUKUNG BLOG INI DALAM LOMBA BLOG KOMPETISI BLOG IPTEKS SISWA SMP/SMA/SEDERAJAT TINGKAT DIY dan JAWA TENGAH DENGAN MEMBERIKAN KOMENTAR TERHADAP TAMPILAN DAN ISI BLOG INI