Sabtu, 14 Februari 2009

Manusia yang semakin menggila

Sifat manusia semakin menggila, mereka menggunakan zat-zat kimia dengan melebihi batas normal. Karbon Dioksida dan karbon Monoksida merupakan 2 zat kimia yang sangat berbahaya untuk kelangsungan bumi. Zat-zat itu menempel dilapisan bumi yang mengakibatkan tertutupnya pantulan sinar matahari,sehingga pantulan sinar matahari yang berupa sinar infra merah tidak dapat keluar dari bumi. Telah disadari bahwa kemajuan industri dan teknologi mampu meningkatkan kesejahteraan manusia itu juga menimbulkan pencemaran terhadap lingkungan yang akhirnya berdampak terhadap menusia.Oleh karena itu, kemajuan industri dan teknologi harus ditinjau kembali untuk memberikan hasil dan manfaat yang lebih baik bagi kelangsungan hidup manusia. CFC merupakn zat yang dihasilkan dari AC, Kulkas dan alat-alat modern lainnya. Yang akan menambah polutan atau zat yang menyababkan efek rumah kaca. Pencemaran lingkungan akan sangat merugikan manusia, baik secara langsung maupun tidak langsung. Kerugian secara langsung apabila pecemaran lingkungan tersebut secara cepat dan langsung dapat dirasakan akibatnya oleh manusia, sedangkan kerugian secara tidak langsung adalah apabila akibat pencemarantersebut lingkungan menjadi rusak sehingga daya dukung alam sudah tidak ada lagi bagi kelangsungan hidup manusia, maka hal itu berarti malapetaka bagi umat manusia.
Usaha-usaha penanggulangan perlu dilakukan agar usaha peningkatan kesejahteraan melalui penerapan kemajuan industri dan teknologi dapat terwujud sesuai dangan harapan.Usaha untuk menanggulangi pencemaran tersebut ada 2 macam cara utama, yaitu penanggulangan secara non-teknis dan penanggulangan secara teknis.

Timbul sebuah pertanyaan, mungkinkah penanggulangan itu dapat dilakukan? Jawabannya adalah MUNGKIN,! Sejauh ada niat dan kemauan untuk melaksanakannya.

Penanggulangan secara Non- Teknis

Suatu usaha untuk mengurangi dan menanggulangi pencemaran lingkungan dengan cara menciptakan peraturan perundangan yang dapat merencanakan, mengatur, dan mengawasi segala macam bentuk kegiatan industri dan teknologi sedemikian rupa sehingga tidak terjadi pencemaran lingkungan.

Penanggulangan secara teknis

Apabila berdasarkan kajian Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) ternyata bias diduga bahwa mungkin akan timbul pencemaran lingkungan,maka langkah berikutnya adalah memikirkan penanggulangan secara teknis tergantung pada faktor berikut :

1. Mengutamakan keselamatan lingkungan
2. Teknologi dikuasai dengan baik
3. Secara teknis dan ekonomis dapat di pertanggungjawabkan

Dalam hal di atas diperoleh beberapa cara untuk penanggulangan secara teknis,yakni :

1. Mengubah proses

Proses industri dan tekhnologi terdapat bahan buangan (limbah) yang berupa zat-zat kimia, maka akan terjadi pencemaran lingkungan, baik melalui udara, air maupun tanah. Keadaan ini harus dihindari dengan mengubah proses yang ada dan memenuhi criteria yang telah disebutkan diatas.

Contoh : dapat dijumpai dalam industri penyamakan kulit. Dahulu untuk menghilangkan lemak kulit digunakan senyama krom sebaagai bahan penyamak pmenghasilkan bahan buangan Cr yang membahayakan lingkungan. Sebagai gantinya digunakan semacam enzim yang tidak membahayakan lingkungan sehingga ion Cr yang biasa ada pada limbah buangan industri penyamakan kulit ditiadakan

1. mengganti sumber energi

dengan memanfaatkan sumber panas. Namun,sayangnya tidak di semua tempat ada sumber panas bumi (geothermal). Kalau pun ada mungkin kapasitas daya listrik terpasang tidak memadai untuk keperluan industri dan tekhnologi

1. mengelola limbah

pengelolaan limbah dari bahan buangan industri dan tekhnologi di maksutkn untuk mengurangi pencemaran lingkungan yang sering disebut Waste Treatment atau Waste Management. Cara pengelolaan limbah tergantung pada sifat dan kandungan limbah serta rencana pembuangan olahan limbah secara permanen

1. menambah alat Bantu

untuk melengkapi cara penanggulangan pencemaran lingkungan secar teknis dilakukan dengan menambahkan alat Bantu yang dapat mengurangi pencemaran. Alat Bantu yang digunakan tergantung pada keadaan dan macam kegiatan.

Pencemaran Air

1. limbah industri

pencemaran air oleh limbah industri dapat di cegah dan ditanggulangi dengan cara :

1.
* pembuangan limbah industri di atur sedemikian, sehingga tidak mencari penampungan limbah yang kemudian dip roses atau diolah.
* Pencemaran air oleh logam yang berasl dari industri dengan cara menanam tumbuhan sejenis alang-alang di sekitar perairan tempat pembuangan limbah.
2. limbsh pertanian

pencemaran air oleh limbah pertanian dapat di cegah dengan cara berikut :

1.
* mencegah limbah pertanian agar tidak mengalir ke sungai dan danau
* pengaturan terhadap penggunaan pupuk buatan
* menggunakan pestisida yang mudah di uraikan oleh alam
* menggunakan metode lain selain menggunakan pestisida,misalnya dengan biological control.
* Menanam tanaman pertanian yang kebal terhadap serangga hama
2. limbah rumah tangga

pencemaran air melalui limbah rumah tangga berupa sampah dan air buangan dapat di cegah dengan cara berikut :

1.
* membuat tempat pembuangan sampah
* membuat lubang unutk membuang sampah selanjutnya ditimbun dengan tanah
* memanfaatkan sampah untuk dipupuk
* Membuat tempat penampungan limbah yang berupa air buangan.tempat penampungan limabh harus jauh dari sumber air.
2. Limbah minyak

Pencemaran air oleh limbah minyak dapat dicegah atau ditanggulangi dengan cara berikut :

1.
* Hindarkan kebocoran minyak dilaut baik oleh kapal tanker maupun pengeboran minyak lepas pantai
* Harus ada sanksi yang tegas bagi pelaku pencemaran limbah minyak.
* Membersihkan minyak dengan cara bioremediasi. Bioremediasi adalah menggunakan mikroorganisme untuk kebersihan pencemaran.
* Bila ada tumpahan minyak di laut hendaknya dibuat penghalang mekanik sehingga air laut yang tercemar minyak tidak mencapai pantai.

Pencemaran Udara

Pencemaran udara dapat ditimbulakan oleh beberapa polutan, antara lain karbon dioksida, karbon monoksida, CFC dan asap. Pencegahan dan penanggulangannya dapat dilakukan berdasarkan sumber polutannya :

1. karbon Dioksida dan Karbon Monoksida
* Mengurangi penggunaan bahan baker minyak, misalnya dengan mencari sumber alternative pengganti bahan baker minyak.
* Mencegah penebangan hutan untuk lahan pertanian
* Memperluas daerah penghijauan dan reboisasi.
2. Nitrogen Oksida dan Sulfur Dioksida
* Mengurangi pembakaran bahan baker minyak dan mencari sumber energi terbaru
* Membersihkan gas sisa pembakaran bahan bahan baker minyak pada kendaraan bermontor dengan converter katalitik.

Pencemaran Tanah

Ditimbulkan oleh pestisida dan limbah industri.

Pencegahan dan penangguklangannya adalah penggunaan pestisida harus diawasi dan ada peraturan yang tegas. Sedangakn penanggulangan oleh limbah industri harus memiliki tempat penampungan limbah.

Remediasi adalah kegiatan untuk membersihkan permukaan tanah yang tercemar.

Pencemaran Suara

Pencemaran suara dapat dicegah dan ditanggulangi antara lain dengan cara berikut :

1. Tidak membangun pabrik didekat pemukiman penduduk
2. tidak membangun bandara didekat pemukiman penduduk
3. para tenaga kerja pabrik yang berada pada lingkungan suara yang keras, dianjurkan menggunakan peredam suara di telinga
4. Tidak membunyikan televise, tape, atau radio terlalu keras
5. yang paling oenting untuk mencegah pencemaran lingkungan adalah pemberiakan penyuluhan dan kesadaran terhadap masyarakat tentang arti lingkungan hidup.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SELAMAT BERGABUNG DENGAN KAMI KOMUNITAS MULTIMEDIA SMK NEGERI 8 SEMARANG, TEMPAT ORANG BELAJAR MULTIMEDIA # JANGAN LUPA DUKUNG BLOG INI DALAM LOMBA BLOG KOMPETISI BLOG IPTEKS SISWA SMP/SMA/SEDERAJAT TINGKAT DIY dan JAWA TENGAH DENGAN MEMBERIKAN KOMENTAR TERHADAP TAMPILAN DAN ISI BLOG INI