Sabtu, 07 Maret 2009

PACARAN WHY NOT BAG. 3

Mau agar pacaran aman dan awet ?

Agar pacaran aman dan awet, kita harus punya prinsip. Artinya, segala sesuatu yang kita lakukan ada dasar dan tujuan yang jelas. Dalam pacaran, bukan tidak mungkin kita akan menemukan perbedaan prinsip. Wajar kok, asalkan bisa saling menghargai. Tiap orang punya hak untuk bicara terbuka termasuk mengungkapkan prinsip masing-masing. Dalam menyampaikan prinsip atau pendapat, dibutuhkan cara berkomunikasi yang baik agar tidak terjadi kesalahpahaman.

Terdapat 3 model komunikasi, yaitu :

  1. Pasif
    Kita sulit bisa mengekspresikan keinginan, perasaan dan pikiran kita. Hal ini berefek buruk karena apa yang kita harapkan tidak sesuai dengan kenyataan. Misalnya kita tidak berani menolak pas pacar ngajakin kissing, padahal sebenarnya kita tidak mau. Pacara dengan model komunikasi kayak gini hanya akan menghasilkan hubungan yang monoton dan membosankan.
  2. Agresif
    Dalam mengemukakan keinginan, pikiran dan perasaan. Kita cenderung mendominasi, tidak ramah dan mengabaikan kepentingan orang lain. Model komunikasi seperti ini bisa memicu keretakan hubungan kita dengan orang lain.
  3. Asertif
    Ini adalah gaya komunikasi yang paling oke. Kita bisa berikap tegas dalam mengekspresikan keinginan, pikiran, dan perasaan tetapi tetap menghargai orang lain. Kondisi orang lain juga menjadi pertimbangan sebelum mengungkapkan keinginan. Misalnya, menolak dengan sopan dan memberikan alasan yang masuk akal ketika pacar meminta yang aneh-aneh.

Cara berkomunikasi tidak hanya memengaruhi keberhasilan kita berinteraksi dengan orang lain tetapi kita juga mampu berkomunikasi dengan baik menjadikan kita terampil dalam mengambil keputusan.

SELAMAT MENCOBA !!!
SEMOGA PACARANNYA TAMBAH OKE YAW…….

(Write on by Astriani)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SELAMAT BERGABUNG DENGAN KAMI KOMUNITAS MULTIMEDIA SMK NEGERI 8 SEMARANG, TEMPAT ORANG BELAJAR MULTIMEDIA # JANGAN LUPA DUKUNG BLOG INI DALAM LOMBA BLOG KOMPETISI BLOG IPTEKS SISWA SMP/SMA/SEDERAJAT TINGKAT DIY dan JAWA TENGAH DENGAN MEMBERIKAN KOMENTAR TERHADAP TAMPILAN DAN ISI BLOG INI