Kamis, 19 Maret 2009

PERBEDAAN TANDA AWAL KEMATANGAN SEKSUAL ANTARA COWOK & CEWEK

Saat anak-anak beranjak remaja, terdapat tanda-tanda awal dimana tanda-tanda tersebut pastinya berbeda antara laki-laki dan perempuan.
Remaja laki-laki dapat dikatakan sudah bisa melakukan fungsi reproduksinya bila telah mengalami mimpi basah (ejakulasi awal/pertama)

Apa itu mimpi basah ?

Mimpi basah yaitu peristiwa ejakulasi (pengeluaran cairan kental yang disebut air mani) pada saat tidur. Air mani mengandung sel mani (sperma). Mimpi basah bisa disebabkan oleh impian erotis (merangsang) tetapi tidak semuanya disertai mimpi basah dan mimpi pada setiap remaja laki-laki tidak selalu sama. Biasanya remaja laki-laki akan mengalami mimpi basah pada usia antara 10-15 tahun. Pada saat itu, buah zakar mulai menghasilkan sperma dan jika sperma telah memenuhi buah zakar maka akan keluar ketika tidur.

Kemudian remaja perempuan dikatakan sudah dapat melakukan fungsi reproduksinya bila telah mengalami menstruasi/haid/datang bulan/menarche(menstruasi pertama).
Apa itu menstruasi ?

Menstruasi (haid) adalah peristiwa keluarnya cairan darah dari vagina perempuan berupa luruhnya lapisan dinding dalam rahim yang banyak mengandung pembuluh darah. Setiap bulan berlangsung antara 3-7 hari. Hal ini terjadi secara tidak teratur setiap bulan atau dapat disebut siklus menstruasi/haid yang jaraknya dari haid satu dengan haid bulan berikutnya tidak sama. Perempuan biasanya mulai mengalami haid di usia 10-14 tahun. Menstruasi pertama juga merupakan tanda bagi perempuan bahwa dirinya telah memiliki kemampuan untuk hamil jika melakukan hubungan seksual. Sebaiknya setiap bulan remaja perempuan membiasakan diri untuk mencatat tanggal mulainya menstruasi untuk memudahkan mengetahui panjang siklus haidnya. Dengan demikian dapat diperkirakan waktu menstruasi berikutnya.
Tulisan ini dikutip dari buku KRR (Kesehatan Reproduksi Remaja) yang aku dapatkan saat aku mengikuti Pelatihan Konselor Sebaya di Dinas Kesehatan, Semarang.



6 komentar:

  1. Tanda - tanda itu ( khususnya cowok ) ngga ada tuh pada diri gue. kenapa ya ? kayaknya yg u tulis itu ngga mewakili pendapat cowok secara umum deh. jangan - jangan lo nulisnya agak ngaco dikit kali mbak. yo wez deh diperbaiki lagi ya. akan lebih bae kalo lo tanya atau wawancara lansung aja ke maqluk yg bersangkutan. gmn ogud ngga ?

    BalasHapus
  2. Hai mbak, kok tulisannya milihnya yang kayak begituan sich. and gambar2nya juga kayak gitu-gitu.maaf, aku pengen ngelihat mbak pake kerudung biar terkesan islami. and gambar2nya diganti dengan yang islami juga. yah…… walaupun kayak gitu, dikasih pesan singkat buat para pemuda and pemudi, khususnya di Indonesia. maaf sekali lagi sok ngeganggu kayak gini,bila anda muslimah tentu ngak marah.OK………!!!!!!.. {(!_!)}

    BalasHapus
  3. mudah-mudahan semua remaja membaca artikel ini, walaupun belum sempurna betul, namun secara umum udah cukup yang perlu di ketahui remaja. sebagai praktisi yang sering memberikan penyuluhan tentang kesehatan reproduksi remaja, saya kasi acungan jempol buat anda, tulis terus jangan takut salah yang penting cantumkan sumber bacaannya.

    BalasHapus
  4. salut ama astriani, artikel ini memang layak untuk di posting, untuk bahan pembelajaran.

    BalasHapus
  5. wah,masa ceh….
    tulisan itu aku rangkum dari materi yang aku dapatkan dari pelatihan konselor sebaya d dinas kesehatan semarang. TApi thanks bwt masukannya..

    BalasHapus
  6. thanx buat juwan…
    Aku emang beragama islam dan mungkin kpn2 akn aku sertakan foto saat aku mengenakan kerudung…Cantik bgt lho…He..he…he…Gni, aQ emg sengaja buat blog yg bersifat umum. Cz Q takut kalo da yg agamanya non muslim merasa terganggu dgn tulisanku yg serba muslim. Jd ku cma berusaha menghormati ja kok…Q te2p seorang muslimah. Truz knp aku pilih tema ttg reproduksi remaja & Narkoba itu karena sementara ni hanya itu materi yang cukup ku pahami. Coz selama ini aku sering dapet pelatihan ttg k2 hal itu. jadi daripada ilmunya Qmiliki sndri, mending aku sharing k tmn2 Blogger semua…Trz ku jga pny sdkt materi ttg Corel, Adobe, dll.Dan ku rasa hal ini sgt pntg u/ para remaja lho…ini salah satu masalah negara kita yg blm bsa diselesaikan. Baca juga materi yg lain donk…ocre….
    thanx atas sarannya…
    itu cukup membangun lho….
    jgn bosan u/ mengunjungi blogku yaw…

    BalasHapus

SELAMAT BERGABUNG DENGAN KAMI KOMUNITAS MULTIMEDIA SMK NEGERI 8 SEMARANG, TEMPAT ORANG BELAJAR MULTIMEDIA # JANGAN LUPA DUKUNG BLOG INI DALAM LOMBA BLOG KOMPETISI BLOG IPTEKS SISWA SMP/SMA/SEDERAJAT TINGKAT DIY dan JAWA TENGAH DENGAN MEMBERIKAN KOMENTAR TERHADAP TAMPILAN DAN ISI BLOG INI